cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan
ISSN : 24070963     EISSN : 24607177     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in educational technology. The focus of the journal is innovative works on the development of educational multimedia and e-learning which are effective in giving positive contributions to schools and educational institutions.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2014): Oktober" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL MIND MAP UNTUK PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SMP Lukman Lukman; Ishartiwi Ishartiwi
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 1, No 2 (2014): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.606 KB) | DOI: 10.21831/tp.v1i2.2523

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan model mind map yang layak digunakan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk siswa SMP, serta mengetahui keefektifan bahan ajar hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian adalah sebagi berikut: (1) menghasilkan bahan ajar dengan model mind map untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP yang dikemas dalam bentuk buku dengan materi “Perkembangan pada Masa Islam di Indonesia”. Produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, uji coba terbatas, serta uji coba lapangan. (2) Bahan ajar hasil pengembangan untuk siswa kelas VII di SMP N 3 Berbah ini efektif digunakan untuk pembelajaran IPS. Peningkatan skor postes pada kelas yang menggunakan bahan ajar dengan model mind map sebesar 13,87% dengan nilai gain score 0,45 dan ketuntasan siswa 100%. Sedangkan kelas yang menggunakan buku paket IPS dengan peningkatan skor postes sebesar 10,26% dengan nilai gain score 0,35 dan ketuntasan siswa 87,1%.Kata kunci: bahan ajar, mind map, ilmu pengetahuan sosial
PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA Maria Magdalena Emy Rahmawati; C. Asri Budiningsih
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 1, No 2 (2014): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.633 KB) | DOI: 10.21831/tp.v1i2.2524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan metode mind mapping dengan siswa yang menggunakan metode ceramah dan presentasi, (2) perbedaan pemahaman konsep siswa yang memiliki gaya belajar berbeda (visual, auditori, dan kinestetik), (3) pengaruh antara metode pembelajaran mind mapping dengan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Santa Maria Fatima pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan metode mind mapping dengan siswa yang menggunakan metode ceramah dan presentasi. (2) Tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. (3) Tidak terdapat pengaruh antara metode pembelajaran mind mapping dengan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa. Kata kunci: mind mapping, gaya belajar, pemahaman konsep siswa
PENGEMBANGAN E-LEARNING MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER 2 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS FLORES Kristina Sara; Mukminan Mukminan
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 1, No 2 (2014): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.374 KB) | DOI: 10.21831/tp.v1i2.2525

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2 di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores yang berkualitas baik dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan media pembelajaran e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2 dengan menggunakan model pengembangan dari Allesi Trollip melalui tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa produk e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2 yang dikembangkan layak dan efektif. Kelayakan mencapai hasil sangat baik ditinjau dari penilaian ahli materi dengan skor 4,31, ahli media dengan skor 3,46, dan tanggapan mahasiswa dengan skor 4,43. Keefektivan pembelajaran Aplikasi Komputer 2 menggunakan e-learning terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan rerata pretest 57,38 dan posttest 85,50 sehingga perolehan hasil effect size adalah 28,13. Pencapaian ketuntasan hasil belajar pada saat pretest 56,25% tuntas  dan saat posttest 100% tuntas. Kata kunci: pengembangan, e-learning
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SENI MUSIK UNTUK SISWA SMP Panca Putri Rusdewanti; Abdul Gafur
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 1, No 2 (2014): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.957 KB) | DOI: 10.21831/tp.v1i2.2526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan produk software multimedia pembelajaran yang layak untuk mendukung pembelajaran seni musik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Pelaksanaan penelitian meliputi empat tahap yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, desain, dan pengembangan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data meliputi analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kritik, saran, dan masukan dari ahli materi, ahli media, dan siswa yang dihimpun untuk memperbaiki produk yang dikembangkan. Data kuantitatif berupa data ordinal dianalisis menggunakan modus. Produk yang dihasilkan berupa CD pembelajaran interaktif yang terdiri dari kompetensi, materi, evaluasi, dan referensi. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Ahli materi menilai aspek pembelajaran dan aspek materi dengan kategori sangat baik. (2) Ahli media menilai aspek media dengan kategori baik. (3) Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa aspek pembelajaran masuk kategori baik (skala 4 sebanyak 158 atau 47,45%), aspek materi masuk kategori baik (skala 4 sebanyak 113 atau 50,90%), dan aspek media masuk kategri sangat baik (skala 5 sebanyak 161 atau 48,35%). Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa software multimedia pembelajaran interaktif seni musik layak digunakan siswa SMP.Kata kunci: pengembangan, multimedia, pembelajaran seni musik
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER UNTUK KELAS VIII SMP Slamet Riyadi; Pardjono Pardjono
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 1, No 2 (2014): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.475 KB) | DOI: 10.21831/tp.v1i2.2527

Abstract

Pengembangan multimedia pembelajaran matematika ini dilakukan melalui enam tahap, yaitu desain  materi, desain software,  produksi, evaluasi, uji coba, dan implementasi. Untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran yang dikembangkan dilakukan uji coba lapangan dengan angket. Untuk mengetahui keefektifan produk multimedia yang dikembangkan,  dilakukan dengan memperbandingkan hasil uji kompetensi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 36 orang siswa kelas VIII D SMP N 4 Depok Sleman untuk uji coba lapangan pada kelas eksperimen dan 35 orang siswa kelas VIII B SMP N 4 Depok Sleman pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran hasil pengembangan termasuk dalam kategori “Baik”, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan multimedia pembelajaran hasil pengembangan lebih tinggi 26,51% dari pada pembelajaran konvensional. Kata kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran matematika
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 1 SEKOLAH DASAR Ary Isdianto; Pujiati Suyata
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 1, No 2 (2014): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.516 KB) | DOI: 10.21831/tp.v1i2.2528

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan secara sistematis media pembelajaran membaca berbantuan komputer untuk peserta didik kelas satu sekolah dasar yang layak dan menarik berdasarkan validasi pakar dan uji pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Produk yang  berupa media pembelajaran dikembangkan melalui beberapa langkah, yaitu: (1) analisis kebutuhan berupa pengumpulan informasi awal, (2) proses pengembangan, dan (3) uji lapangan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar evaluasi ahli dan pengguna. Hasil akhir penelitian pengembangan ini adalah software media pembelajaran membaca berbantuan komputer untuk peserta didik kelas 1 sekolah dasar yang siap digunakan baik dalam proses belajar mengajar di kelas ataupun digunakan secara mandiri. Penilaian ahli materi mengenai kualitas media PBK yang dikembangkan ini adalah sangat baik, ahli media dan guru, dan peserta juga menilai sangat baik, dan peserta didik pada uji coba lapangan memberikan tanggapan sangat baik. Adapun hasil pretes dan postes menunjukkan bahwa  media ini efektif untuk meningkatkan kemampuan baca peserta didik. Kata Kunci: media, pembelajaran, membaca
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERINTEGRASI DENGAN BLOG DAN FACEBOOK TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP Ida Rianawaty
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 1, No 2 (2014): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.657 KB) | DOI: 10.21831/tp.v1i2.2529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan Blog dan Facebook terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Magelang. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan blog dan Facebook efektif terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi eksperimen dan model Nonequivalent control group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan blog dan Facebook, dan kelas VIII A yang berjumlah 26 siswa dengan menerapkan model pembelajaran kreatif produktif yang tidak terintegrasi dengan Blog dan Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengaruh model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan blog dan Facebook terhadap prestasi siswa kelas VIII C SMP N 5 Kota Magelang, ketuntasan yang dicapai dengan KKM 75 adalah 100% dengan rata-rata pre test 45,92 menjadi 82,50. Sedangkan untuk kelas VIII A (kelas kontrol), ketuntasan kelas yang dicapai 96,15 %, dengan rata-rata pre test 45,21 menjadi 80,83. Perbandingan hasil rerata posttest kedua kelas tersebut sebesar 1,67. Tetapi hasil uji t dengan SPSS diperoleh nilai p sebesar 0,262 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII yang menggunakan model pembelajaran kreatif produktif terintegrasi dengan blog dan Facebook dengan kelas kontrol. Sedangkan pengaruh model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan blog dan Facebook efektif meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VIII C SMP N 5 Kota Magelang yaitu dari 41,83% menjadi 70,76 % setelah proses pembelajaran (termasuk kategori tinggi). Hal ini didukung oleh hasil wawancara kepada siswa bahwa proses pembelajaran menarik, dan siswa lebih fleksibel untuk berkomunikasi dari mana saja dengan guru melalui Facebook dan termotivasi untuk belajar. Sedangkan kelas VIII A (kelas kontrol) motivasi belajar sebelum proses pembelajaran 42,31% meningkat menjadi 61,06 %, termasuk kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kreatif produktif yang terintegrasi dengan blog dan Facebook terdapat perbedaan signifikan terhadap peningkatan motivasi siswa kelas VIII C SMP N 5 Kota Magelang.Kata kunci: kreatif produktif, belajar IPA, blog dan facebook
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KALA LAMPAU BAHASA PRANCIS MAHASISWA Siti Sumiyati; Herman Dwi Surjono
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 1, No 2 (2014): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.717 KB) | DOI: 10.21831/tp.v1i2.2530

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji kelayakan software pembelajaran kala lampau bahasa Prancis yang dihasilkan untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY, dan mengetahui peningkatan penguasaan kala lampau bahasa Prancis mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY yang menggunakan produk multimedia pembelajaran yang dihasilkan. Model penelitian dan pengembangan ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, desain dan pengembangan. Proses validasi terhadap produk dilakukan dengan tahap uji alpha, uji beta dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk yang dihasilkan ini termasuk dalam kategori baik; (2) pembelajaran kala lampau dengan produk yang dihasilkan dapat meningkatkan penguasaan kala lampau bahasa Prancis mahasiswa dengan perolehan rerata gain score sebesar 0,59. Dengan demikian, disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan dan efektif. Kata kunci: multimedia pembelajaran, kala lampau bahasa prancis

Page 1 of 1 | Total Record : 8