cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan
ISSN : 24070963     EISSN : 24607177     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in educational technology. The focus of the journal is innovative works on the development of educational multimedia and e-learning which are effective in giving positive contributions to schools and educational institutions.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2015): Oktober" : 11 Documents clear
FRONT MATTER (Cover, Foreword, Table of Content) Editorial Team
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 2, No 2 (2015): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.417 KB) | DOI: 10.21831/tp.v2i2.7596

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL ANGKA DAN HURUF UNTUK ANAK USIA DINI Lovandri Dwanda Putra; Ishartiwi Ishartiwi
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 2, No 2 (2015): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.143 KB) | DOI: 10.21831/tp.v2i2.7607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran Mengenal Angka dan Huruf untuk Anak Usia Dini yang layak ditinjau dari aspek materi, aspek pembelajaran, aspek tampilan dan aspek pemrograman. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Pringwulung, Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Lee dan Owens. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) tahap perencanaan, (2) tahap desain dan (3) tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan: produk multimedia yang dihasilkan adalah multimedia pembelajaran mengenal angka (1-10) dan huruf (A-Z) untuk anak usia dini, produk multimedia yang dihasilkan layak sebagai media pembelajaran mengenal angka dan huruf berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi dengan hasil penilaian sangat baik (4,66), validasi oleh ahli media dengan hasil penilaian sangat baik (5) dan penilaian oleh anak pada uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba operasional dengan hasil sangat baik, hal ini dibuktikan dengan rerata masing-masing aspek yang dicapai adalah di atas 81%. Hasil penilaian oleh anak mencakup aspek kemenarikan, kemudahan dan kejelasan petunjuk materi.
BACK MATTER (Index, Author Biography, Author Guidelines) Editorial Team
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 2, No 2 (2015): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.55 KB) | DOI: 10.21831/tp.v2i2.7597

Abstract

APLIKASI MODEL COMPONENT DISPLAY THEORY (CDT) DALAM PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATAKULIAH JARINGAN KOMPUTER Rr. Eny Kuswandari; Suryanto Suryanto
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 2, No 2 (2015): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.864 KB) | DOI: 10.21831/tp.v2i2.7608

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk program pembelajaran multimedia interaktif berbasis CDT yang diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi mata kuliah Jaringan Komputer sesuai skill yang diharapkan; (2) menguji kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek isi/materi, media dan pembelajaran. Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan multimedia ini dilakukan melalui tahapan: analisis, desain, pengembangan, evaluasi dan revisi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi. Data berupa hasil penilaian melalui kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil penelitian adalah: (1) produk program pembelajaran multimedia interaktif mata kuliah Jaringan Komputer berbasis CDT (Component Display Theory) dalam bentuk CD yang memiliki kelayakan kriteria baik dari aspek isi/materi, media, dan pembelajaran. Aplikasi model Component Display Theory (CDT) dalam pengembangan multimedia interaktif yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kelayakan kriteria baik digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Jaringan Komputer.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI FUNCTIONAL TEXT BAGI SISWA SMPN 3 KALASAN Siti Niah; Christina Ismaniati
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 2, No 2 (2015): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.691 KB) | DOI: 10.21831/tp.v2i2.7602

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran Bahasa Inggris materi functional text dengan pendekatan komunikatif yang layak bagi siswa kelas VII SMP N 3 Kalasan Yogyakarta, serta mengetahui keefektifan produk multimedia pembelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development, RD). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran Bahasa Inggris materi functional text dengan pendekatan komunikatif yang layak bagi siswa kelas VII SMP yang dikemas dalam sebuah CD. Produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan siswa. (2) Produk multimedia pembelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif bagi siswa kelas VII SMP N 3 Kalasan ini efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi functional text. Peningkatan skor postes siswa setelah menggunakan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris sebesar 64.5% dengan nilai (N-gain) 0.74 dan ketuntasan belajar siswa (KKM) sebesar 93.5%. Sedangkan kelas sebelum menggunakan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris memiliki nilai (N-gain) siswa sebesar 0.33 dan ketuntasan belajar siswa (KKM) sebesar 29.03%.
PENGEMBANGAN MOTION GRAPHIC PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS I SEKOLAH DASAR Asih Purwanti; Haryanto Haryanto
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 2, No 2 (2015): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.759 KB) | DOI: 10.21831/tp.v2i2.7609

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan motion graphic pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas 1 Sekolah Dasar yang layak dijadikan sebagai sumber belajar. Model penelitian yang digunakan adalah Borg Gall (1983) dan Dick Carey (2005). Hasil sebagai berikut. (1) Kelayakan produk pada aspek pembelajaran dan aspek materi/isi dari ahli materi menunjukkan skor 3,56 (baik), aspek media/teknis dari ahli media I menunjukkan skor 3,57 (baik) dan aspek media/teknis ahli media II menunjukkan skor 3,62 (baik). Data yang diperoleh melalui uji coba pada siswa pada uji coba satu-satu menunjukkan skor 75%, melalui uji coba kelompok kecil menunjukkan skor 81%, dan melalui uji coba lapangan menunjukkan skor 90%. (2) Hasil belajar siswa pada saat pretes rerata menunjukkan skor 62, sedangkan hasil belajar siswa pada posttes rerata menunjukkan skor 76. Sehingga menghasilkan N-gain dengan skor 36. Berdasarkan N-gain yang tergolong sedang, maka motion graphic pembelajaran yang dikembangkan efektif dan dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa.
PENGEMBANGAN PROGRAM PELATIHAN PRA-MAGANG MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS POLITEKNIK NEGERI JEMBER Titik Ismailia; Ali Muhtadi
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 2, No 2 (2015): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.149 KB) | DOI: 10.21831/tp.v2i2.7603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model program pelatihan pra-magang yang baik dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi mahasiswa program studi Bahasa Inggris Politeknik Negeri Jember (Polije). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah Borg and Gall dengan prosedur pengembangan yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, dan pengembangan produk akhir. Produk yang dihasilkan berupa skema pola program pelatihan, buku pedoman pembekalan Praktek Kerja Lapang (PKL), modul dan handout dalam materi reservasi hotel dan pemanduan wisata.
KEEFEKTIFAN METODE BRAIN-BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Nurul Faqih Isro’i; Anik Ghufron
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 2, No 2 (2015): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.916 KB) | DOI: 10.21831/tp.v2i2.7610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan metode brain-based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X di madrasah aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah 272 siswa kelas X MA di Kabupaten Bangka. Sampel penelitian berjumlah 162 siswa. Instrumen penelitian yaitu angket untuk motivasi belajar dan tes pilihan ganda untuk prestasi belajar. Analisis data diawali dengan analisis deskriptif, dan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan metode brain-based learning, data dianalisis dengan statistik uji t-test one sample pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi dan prestasi belajar siswa meningkat setelah diberikan perlakuan. Rata-rata skor angket motivasi belajar awal yaitu 122,04 dan motivasi belajar akhir yaitu 168,98. Rata-rata skor tes prestasi belajar awal yaitu 45,16 dan rata-rata skor tes prestasi belajar akhir yaitu 75,36. Hasil uji one sample t-test yang diperoleh untuk variabel motivasi belajar yaitu 0,000 dan hasil belajar 0,000, nilai p-value ≤ 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode BBL efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBANTUAN KOMPUTER DENGAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH 8 Edi Bambang Sukamto; Senam Senam
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 2, No 2 (2015): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.765 KB) | DOI: 10.21831/tp.v2i2.7604

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran kimia untuk memecahkan masalah pembelajaran sehingga menjadi media yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik serta menguji kelayakan produk multimedia pembelajaran kimia. Pengembangan multimedia pembelajaran kimia ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu identifikasi, desain pembelajaran, mengembangkan produk, evaluasi produk, dan implementasi. Subjek uji coba dalam penelitian berjumlah 44 peserta didik, yang terdiri dari 4 orang peserta didik untuk uji coba perorangan, 8 orang peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, dan 32 orang peserta didik untuk uji coba kelompok besar. Data hasil uji coba dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran hasil pengembangan, termasuk dalam kategori baik. Demikian juga ahli media menilai kualitas multimedia baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka produk multimedia pembelajaran hasil pengembangan layak untuk digunakan.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI TEKS DESKRIPTIF UNTUK SISWA SMP/MTs Erma Riana; Abdul Gafur
Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 2, No 2 (2015): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.002 KB) | DOI: 10.21831/tp.v2i2.7611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif bahasa Inggris materi teks dekriptif untuk siswa SMP/MTs, (2) mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas produk multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan untuk pembelajaran bahasa Inggris materi teks dekriptif untuk siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) yang diadaptasi dari model Borg and Gall dan model desain pembelajaran Dick Carey yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan produk, validasi dan revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Efektivitas produk dianalisis menggunakan rumus N-gain (hasil belajar yang dinormalisasi). Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk yang dihasikan adalah multimedia interaktif yang terdiri dari kompetensi, materi, glossary, evaluasi, dan games, (2) produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran; (3) efektivitas pengembangan produk termasuk dalam kategori tinggi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11