cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
EDUSAINS
Published by Universitas Jambi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam is published twice a year e-ISSN 2503-2275 online writing conceptual notions, studies and application of theories, practitioners' writing and research results and teaching in the field of education.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2023): Januari 2023" : 5 Documents clear
Pengembangan Komik Webtoon Sebagai Suplemen Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Untuk Siswa SMA: Development of Webtoon Comics as Learning Supplements for Human Circulatory System Materials for High School Students Siti Khoiriah; Afreni Hamidah; Mia Aina
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 12 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmpmipa.v12i1.25367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui respon pengguna komik Webtoon sebagai suplemen pembelajaran materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa SMA kelas XI MIA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMAN 13 Kota Jambi pada 17 September 2021. Data penelitian diperoleh dari angket validasi ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan produk yang dikembangkan sebelum diuji cobakan. Selanjutnya data untuk respon pengguna diperoleh dari angket yang disebarkan kepada 6 orang siswa kelompok kecil, dan 30 orang siswa kelompok besar dan 1 guru bidang studi melalui google formulir. Hasil penelitian menunjukkan persentase proses validasi media dan materi diperoleh persentase validasi tahap I media yaitu 63% dalam kategori “baik” dan materi 38% dalam kategori “tidak baik”, kemudian pada tahap II media yaitu 86,25% dan materi 83% dalam kategori “sangat baik. Penilaian respon guru menyatakan bahwa komik yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 91,67%. Hasil analisis data ujicoba kelompok kecil menyatakan bahwa komik yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik”dengan persentase 88,61%. Dan dari hasil analisis data ujicoba kelompok besar menyatakan bahwa komik yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 86,38%. Dari hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa komik Webtoon yang dikembangkan dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran.
Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa SD: Metode Studi Literatur Review: The Effectiveness of Cooperative Learning on Elementary Students' Mathematical Solving Ability: Literature Review Study Method Dhea Rizqkhita Hijrilliawanni; Haninda Putri Khoirina; Septian Zuhri Kuncoro; Septiyani Zahrotun Nihmah; Erik Aditia Ismaya; Fina Fakhriyah
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 12 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmpmipa.v12i1.25831

Abstract

Model pembelajaran kooperatif adalah model belajar secara berkelompok. Penelitan ini memiliki tujuan mereview artikel untuk mencari bukti secara efisien dan klinis dalam membutikan keefektivitasan pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan matematis siswa sd. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Pengambilan sampel data dengan menganalisis 200 artikel dari publish of perish pada database google scholar kemudian disaring lagi menjadi 14 artikel. Dengan 14 artikel ini dilakukan penyaringan kembali sehingga menemukan 5 artikel untuk di teliti dengan model pembelajaran kooperatif tipe model TGT, STAD,TAPPS, Make A Match, dan Think Talk Write (TTW) mempengaruhi kemampuan pemecahan matematis kearah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kelas kontrol dengan kemampuan pemecahan matematis kurang. Dengan pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan matematis ini dapat diaplikasikan untuk proses kegiatan belajar di sekolah untuk memecahkan permasalahan matematis.
Penggunaan Media Ajar Gambar 2D Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Topik Ekologi: The Use of 2D Image Teaching Media to Increase Student Learning Motivation on Ecology Topics Kaysa Asiroh Farizi; Lilit Rusyati; Wiwin Sriwulan; Mohammad Ikhsanul Hakim
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 12 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmpmipa.v12i1.26426

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas Tauhid VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung pada tahun pelajaran 2022/2023. Tujuannya adalah mengatasi masalah kurangnya motivasi belajar peserta didik terhadap IPA, khususnya materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Media ajar gambar dua dimensi digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media ajar gambar dapat meningkatkan motivasi belajar dalam materi ekologi dan keanekaragaman hayati pada peserta didik kelas Tauhid VII. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dan guru selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPA pada peserta didik kelas Tauhid VII dengan penggunaan media ajar gambar dua dimensi. Angket motivasi belajar peserta didik mengindikasikan peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Rata-rata motivasi peserta didik awalnya 3,55 meningkat menjadi 3,68 setelah perlakuan pada siklus I, dan kembali meningkat dari 3,68 menjadi 3,89 setelah perlakuan perbaikan pada siklus II, dengan rentang nilai maksimal 5.
Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa MTs Ma’arif Bakalan: Application of the Problem Based Learning Model to Improve Science Learning Outcomes for MTs Ma'arif Bakalan Students Uswatun Khasanah; Fatkhurrohman; Fatiatun
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 12 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmpmipa.v12i1.26474

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini ada pada pembelajaran IPA di kelas VII MTs Ma’arif Bakalan yang masih menerapkan pendekatan Teacher Centered Learning (TCL). Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengetahui penerapan model problem based learning dalam pembelajaran IPA siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakalan. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkannya model problem based learning pada siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakalan. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang menggunakan model problem based learning dengan kelas yang tidak menggunakan model problem based learning pada siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakalan. Metode yang diterapkan pada penelitian ini ialah metode    eksperimen melalui model quasi eksperiment serta desain non equivalent control group. Populasi yang dipilih ialah siswa kelas VII. Sampel yang diambil yaitu kelas VII A dengan total 20 siswa serta VII B dengan total 20 siswa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa  berdasarkan hasil posttest menggunakan uji N-Gain kelas eksperimen meningkat sebanyak 0,57 dan kelas kontrol didapat N-Gain sebanyak 0,23. Dengan ini telah terbukti adanya kenaikan hasil belajar IPA kelas eksperimen dengan menerapkan model problem based learning dengan kategori sedang. Terdapat selisih perbedaan antara hasil belajar IPA kelas dengan model problem based learning dan kelas tidak dengan model problem based learning. Terbukti dengan menggunakan uji-t yaitu Ho ditolak yang ditunjukkan dengan perolehan thitung = 4,69 > ttabel = 2,02 dengan taraf signifikan 5% dan thitung = 4,69 > ttabel = 2,71 dengan taraf signifikan 1% sehingga Ha diterima. Dari data tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwasanya penerapan model PBL bisa meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII di MTs Ma’arif Bakalan tahun pelajaran 2022/2023.
Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Pesantren Darul Qur’an: Application of Problem Based Learning to Improve Students' Critical Thinking Ability at Darul Qur'an Islamic Boarding School Enni Halimatussa’diyah; Adi Hartono; Afifah Luftiah Tantri; Linawati
Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 12 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmpmipa.v12i1.26642

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Darul Qur’an, di Jl. Ps.1, Amplas, Kec.Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis. Meta analisis adalah metode yang menganalisis data dari penelitian primer, yang hasilnya digunakan sebagai dasar untuk menerima atau mendukung suatu hipotesis. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IX dengan jumlah peserta didik 32 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal tes Dalam penelitian ini pretest dilakukan untuk mengukur pola berpikir kritis siswa pada materi sistem eksresi yang belum di sampaikan dan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi peserta didik. Dimana pola pikir kritis itu sendiri harus dimiliki peserta didik dalam mengatasi permasalahan yang muncul pada materi. Pemikiran kritis yaitu kemampuan dari diri seseorang untuk mengeluarkan pendapatnya melalui potensi berfikirnya. Dapat dinilai dengan cara penyampaiannya secara jelas terhadap permasalahan yang dapat diselesaikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5