AbstrakPentingnya suatu strategi pembelajaran bisa menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar, untuk mengubah pengetahuan, pemahaman, sikap, dan tingkah laku, kecakapan, ketrampilan, dan kemampuan, serta aspek-aspek lain yang ada pada individu yang belajar. Untuk itu dianggap perlu membuat rancangan aplikasi strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences yang inovatif dan variatif dalam proses pembelajaran. Rumusan dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimanakah konsep strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multiple intelligences dalam pendidikan? (2) Bagaimanakah karakteristik kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Sekolah Menengah Pertama? dan (3) Bagaimanakah implementasi strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tingkat Sekolah Menengah Pertama? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Konsep strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multiple intelligences dalam pendidikan? (2) Karakteristik kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Sekolah Menengah Pertama? dan (3) Implementasi strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tingkat Sekolah Menengah Pertama? Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, menggunakan pendekatan penelitian normatif, serta menggunakan metode penelitian deskriptif. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara induktif dan deduktif. Analisis induktif digunakan karena lebih dapat menemukan kenyataan-kenyataan ganda sebagaimana yang terdapat dalam data dan analisis ini dapat memperhitungkan nilai-nilai secara eksplisit sebagai bagian dari struktur analitik. Adapun analisis deduktif adalah metode untuk menganalisa data dan menyimpulkan data-data dengan mencari hal-hal yang bersifat umum, ditarik menuju ke hal-hal yang bersifat khusus. Merancang sebuah strategi pembelajaran adalah merupakan tugas pendidik, sehingga dengan variasi strategi pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga prestasi belajarpun diharapkan dapat meningkat. Dalam hal ini dibahas tentang konsep strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences Tingkat Sekolah Menengah Pertama khususnya Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang membantu para pendidik untuk mencoba menggunakan lima belas strategi multiple intelligences. Kelima belas strategi itu adalah : Strategi diskusi, strategi action research, strategi klasifikasi, strategi analogi, strategi identifikasi, strategi bermain peran, strategi penokohan, strategi flash-card, strategi gambar visual, strategi papan permainan, strategi wayang, strategi applied learning, strategi movie learning, strategi environment learning, dan strategi service learning, yang mencakup tiga dimensi, baik dimensi aqidah, syariah, maupun akhlak. Konsep Howard Gardner tentang strategi pembelajaran ini diharapkan mempunyai hubungan yang relevan untuk dijadikan acuan dan landasan berpikir bagi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada jenjang Sekolah Menengah Pertama.Kata Kunci: Strategi pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Multiple Intelligencys AbstractThe importance of a learning strategy can motivate students to learn, to change the knowledge, understanding, attitudes, and behaviors, skills, skills, and abilities, as well as other aspects that exist in individuals who learn. It was considered necessary to make application design strategies based learning multiple intelligences innovative and varied in the learning process. The formulation in this thesis are: one, How does the concept of a learning strategy based Islamic education multiple intelligences in education? Two, How do the characteristics of curriculum subjects Islamic Education Level Junior High School? and three, How the implementation of multiple intelligences based learning strategies in studying the subject of Islamic Education Junior High School level?This study aims to describe: one, the concept of a learning strategy based Islamic education multiple intelligences in education? two, Characteristics of curriculum subjects Islamic Education Level Junior High School? and three, Implementation of multiple intelligences based learning strategies in studying the subject of Islamic Education Junior High School level?This research method is qualitative research data collection techniques using literature study, using normative research approach, and using descriptive research method. Once the data is collected, then analyzed inductively and deductively. Inductive analysis is used because it can find multiple realities, as contained in the data and analysis can take into account the values explicitly as part of the analytic structure. The deductive analysis is a method to analyze the data and concluded the data by looking for things that are of a general nature, drawn to things that are special. Designing a learning strategy is the task of educators, so that the variation of learning strategy is expected to increase students motivation, so that learning achievement is expected to increase. In this regard discuss learning strategies based on the concept of multiple intelligences Junior High School level, especially Subjects Islamic Education that helps educators to try to use multiple intelligences fifteen strategies. Fifteenth strategies are: Strategy discussion, strategic action research, strategy classification, strategy analogies, strategy identification, strategy role playing, strategy characterizations, strategy flash-card, strategy visual image, strategy board games, strategy puppet, strategies applied learning, strategy movie learning, learning environment strategy, and the strategy of service learning, which includes three dimensions, both dimensions of faith, Sharia, or morals. Howard Gardners concept of learning strategy is expected to have relevant relationships to serve as a reference and basis of reasoning for the implementation of Islamic education teaching in junior high school level.Keyword: Islamic Education, Learning Based Strategy, Multiple Intelligences