cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557265     EISSN : 26146134     DOI : -
Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on advances in the state-of-the-art of civic education; both theoretical approaches and practical approaches are encouraged to submit. All published articles in Bhineka Tunggal Ika are freely accessible in that website. Published 2 issues per year (May and November).
Arjuna Subject : -
Articles 185 Documents
PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN DI DUSUN III DESA SEGAYAM KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM Lusi Sundari; Alfiandra Alfiandra; Sri Artati Waluyati
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 1 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jbti.v1i1.2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi politik masyarakat berdasarkan tingkat pendidikan di Dusun III Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  partisipasi politik masyarakat di Dusun III Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim berdasarkan tingkat pendidikannya. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat mendukung teori-teori sebelumnya yang berhubungan dengan partisipasi politik masyarakat di Dusun III Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim sedangkan secara praktis semoga bermanfaat bagi perangkat desa dan masyarakat dusun III desa Segayam serta bagi peneliti sendiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, yang menjadi populasi adalah seluruh masyarakat Dusun III Desa Segayam yang sudah memiliki hak pilih yaitu berjumlah 444 orang. Sedangkan sampel adalah masyarakat Dusun III Desa Segayam yang terdiri dari empat tingkat pendidikan yaitu 15 orang tingkat Sekolah Dasar (SD), 15 orang tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), 15 orang tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 5 orang tingkat Pendidikan Tinggi. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik disproportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan kuesioner atau angket. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Anova dan uji Tukey. Dari hasil penelitian melalui uji Anova diperoleh nilai signifikan .00 < .05, artinya terdapat perbedaan partisipasi politik masyarakat diantara empat kelompok tingkat pendidikan di Dusun III Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Kemudian dilakukan uji lanjutan yaitu dengan uji Tukey, pada output Homogeneous Subsets terlihat jelas bahwa setiap tingkat pendidikan memiliki nilai yang berbeda. SD memperoleh nilai 69.40, SMP 76.93, SMA 85.33 dan Pendidikan Tinggi 101.60. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin tinggi pula partisipasi politik masyarakat di Dusun III Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim.
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PPKn FKIP UNSRI PADA MATAKULIAH PSIKOLOGI SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK Umi Chotimah
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 1 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jbti.v1i1.4529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswaprogram studi PPKn FKIP Unsri dalam proses pembelajaran Psikologi Sosial melaluipenerapan metode pembelajaran Gallery Walk. Metode penelitian yang digunakanadalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus,masing-masing siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini seluruhpeserta matakuliah PS semester III tahun 2013/2014 yang berjumlah 48 orang. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Gallery Walk dapatmeningkatkan keaktifan belajar mahasiswa program studi PPKn FKIP UNSRI dalamperkuliahan PS. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan keaktifan belajar mahasiswasebelum PTK sebesar 48%, pada akhir siklus pertama meningkat menjadi 70,9%, danpada akhir siklus kedua meningkat menjadi 91,7% dari total mahasiswa. Selain itu jugameningkatkan  hasil belajar mahasiswa yaitu  64,44 %  mendapat nilai A, 31 %  nilai B,dan 5 % nilai C
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR YANG BERBASIS NILAI-NILAI UNTUK MEMBANTU GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MEMBELAJARKAN PPKn Kurnisar Kurnisar; Umi Chotimah
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 1 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jbti.v1i1.4530

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk  menghasilkan bahan ajar/Lembar Kerja Siswa(LKS) yang berbasis nilai-nilai untuk membantu guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam membelajarkan PPKn. Metode penelitian yang digunaka adalah Development Research (Design Research). Ada dua tahap yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation  yang meliputi self evaluation, prototyping expert (ahli) reviews dan one-to-one, dan small group), serta field test. Prototipe divalidasi oleh dua orang expert (ahli) di bidang PPKn. Pelaksanaan field test dilakukan oleh salah seorang guru PPKn di salah satu SMP Negeri di Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Simpulannya bahwa penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan bahan ajar berupa LKS yang valid dan praktis untuk membantu guru PPKn dalam membelajarkan PPKn dengan KD Menumbuhkan Kesadaran dan Keterikatan Terhadap Norma yang berbasis nilai-nilai yang dikembangkan dan dihasilkan telah memenuhi kriteria validitas dan praktis. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa, ini terbukti dari adanya peningkatan hasil tes formatif 1 dan formatif 2 menunjukkan bahwa bahwa 70 % siswa mengalami peningkatan sangat tinggi, 26,66 % siswa yang nilainya tetap (tidak meningkat), dan terdapat 3,33% siswa yang justru nilainya menurun. Selanjutnya jika ditinjau dari aspek sikap siswa sejumlah 86,66 % siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran PPKn dengan menggunakan bahan ajar berupa LKS berbasis nilai-nilai
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BULLETIN BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG Septi Rotari; Emil El Faisal; Sri Artati Waluyati
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 1 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jbti.v1i1.4531

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran  bulletin board terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran  pendidikan kewarganegaraan  di SMP Negeri 10 Palembang. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian quasi eksperimental design, dengan tipe pretest-posttest nonequivalent-group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 10 Palembang. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan VII.4 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, adalah teknik dokumentasi, observasi, dan test, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media bulletin board pada hasil belajar siswa pada matapelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 10 Palembang dengan taraf signifikan sebesar 5% atau α = 0,05. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata kelas eksperimen 89,9 lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol 82,5. Secara statistik melalui analisis uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung = 6,341 > ttabel = 1,665) dengan demikian menolak HO dan menerima Ha yang menyatakan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media bulletin board pada hasil belajar siswa pada matapelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 10 Palembang.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF QUIS TEAM TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 1 INDRALAYA UTARA Ayu Lestari; Emil El Faisal; Sri Artati Waluyati
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 1 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jbti.v1i1.4533

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran aktif Quis Team terhadap keaktifan belajar kelas VII siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian ini adalah studi kuantitatif dengan populasi semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. kelas VII.c sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol VII.d. Data dianalisis menggunakan t-tes. Dari hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan taraf signifikan sebesar 0,05% atau 5 %. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan rerata keaktifan belajar siswa. Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dapat diketahui rata-rata kelas kontrol yaitu 53,9% sedangkan rata-rata kelas eksperimen yaitu 75,3% selain itu juga berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t didapat bahwa thitung = 10,8 > ttabel = 1,999 dengan demikian hipotesis kerja (Ha) diterima
PEMBINAAN DAN PELATIHAN MERANCANG INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESMENT SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU-GURU PPKn SMP SE-KABUPATEN OGAN ILIR Umi Chotimah; Sri Artati Waluyati; Mulkan Mulyadi HD
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 2 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jbti.v1i2.4535

Abstract

Tujuan dari kegiatan pembinaan dan pelatihan ini adalah para guru PPKn SMP se-kabupaten Ogan Ilir mendapatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam membuat perangkat penilaian autentik yang relevan dengan matapelajaran PPKn sesuai kurikulum 2013, sehingga guru dapat lebih meningkatkan kualitas penilaian serta menimbulkan rasa percaya diri dan kemantapan guru-guru PKn SMP dalam mempersiapkan diri untuk memberikan penilaian atau evaluasi hasil belajar siswa sesuai dengan kurikulum PPKn SMP tahun 2013. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu dilakukan pre-test, menerima materi dan perancangan penilaian autentik, post-test dan pemodelan guru. Hasil tes awal terlihat sebagian guru sudah memiliki pemahaman tentang penilaian autentik dan sebagian lagi belum terlalu memahami. Dilihat dari segi proses, seluruh peserta (21 orang) guru antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, kemudian dari segi hasil perbandingan nilai tes awal dan tes akhir diperoleh 100% peserta mengalami peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuannya tentang penilaian autentik, lalu selanjutnya dari segi praktek, ternyata para guru telah berhasil/mampu membuat/merancang instrumen penilaian otentik pada matapelajaran PPKn SMP sesuai kurikulum 2013.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRYPADA MATA KULIAH HUKUM PAJAK DI PROGRAM STUDI PPKN FKIP UNSRI Emil El Faisal; Mulkan Mulyadi HD
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 2 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jbti.v1i2.4536

Abstract

Penelitian yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquirypada Mata Kuliah Hukum Pajak di Program Studi PPKn FKIP UNSRI” dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah hukum pajak pada periode semsester ganjil tahun akademik 2013-2014. Sehingga dirasa sangat perlu untuk melakukan penelitian terkait hal tersebut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah hukum pajak dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Discovery Inquirydi program studi PPKn FKIP Unsri. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober dan Nopember 2014 dengan menerapkan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek yang ditetapkan adalah mahasiswa yang mengikuti matakuliah hukum pajak pada semester ganjil tahun akademik 2014-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah hukum pajak. Hal tersebut dapat dilihat dari tren positif perolehan nilai hasil tes mahasiswa yang menunjukkan peningkatan mulai dari hasil pretes (nilai rata-rata 57), siklus pertama (nilai rata-rata 67) hingga siklus kedua (nilai rata-rata 88). Diharapkan kepada dosen yang mengampu mata kuliah huku m pajak, baik pada semster ganjil 2014-2015 maupun pada semester tahun ajaran berikutnya agar menerapkan model pembelajaran Discovery Inquiry sebagai salah satu model yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga pembelajaran berlangsung kreatif, inovatif, dan menyenangkan.
ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA TERHADAP KEKERASAN PADA ANAK DI SEKOLAH DAN SOLUSINYA Kurnisar Kurnisar; Sri Artati Waluyati
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 2 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jbti.v1i2.4537

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kekerasan anak-anak yang terjadi di sekolah dan solusi apa yang bisa diberikan oleh mahasiswa untuk mengatasi kekerasan tersebut?. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi mahasiswa tentang  kekerasan terhadap anak di sekolah dan ntuk mengetahui keinginan mahasiswa tentang solusi untuk mengatasi kekerasan terhadap anak di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan angket (kuisioner). Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Sriwijaya yang masih aktif kuliah yaitu semester I sampai dengan semester VII Kampus Indralaya. Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis puposive sampling. Sampel penelitian ini dari semua populasi yakni dari mahasiswa PPKn semester I sampai semester VII yang masih aktif mengikuti perkuliahan Kampus Indralaya. Data dikumpulkan dengan teknik pencatatan data dan angket (kuisioner). Teknik analisa data menggunakan analisa data kualitatif  yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Dari hasil analisis data hasil penelitian yang diperoleh melalui pencatatan data, pengumpulan data/informasi dan penyebaran angket (kuisioner) menurut responden kekerasan terhadap anak-anak bukan hanya dapat terjadi dilingkungan sekolah saja namun bisa dimana saja, baik itu dlingkungan masyarakat maupun dirumah. Cara penanggulangan yang efektif adalah dengan memberikan informasi terhadap anak secara dini dengan pendidikan formal mengenai jenis atau macam bentuk kekerasan sehingga apabila hal tersebut terjadi anak-anak dapat melaporkannya kepada orang terdekat serta anak-anak harus mendapatkan perhatian yang lebih baik itu oleh orangtua dirumah maupun guru sebagai pendidik juga sekaligus sebagai orangtua pengganti disekolah
PERSEPSI SISWA SEBAGAI PEMILIH PEMULA TERHADAP PEMILU PRESIDEN DI SMA NEGERI SEKECAMATAN ILIR BARAT I KOTA PALEMBANG Dina Permata Jannah; Alfiandra Alfiandra; Emil El Faisal
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 2 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jbti.v1i2.4538

Abstract

This research title ”student perception as the beginner voters to the election of president at 2014 in senior high school” in sub district ilir barat I palembang city. Destination of this research is knowing how is student peceptiont as the beginner voters to the election of president at 2014 in senior high school” in sub district ilir barat I palembang city. This research is a research with population is tudent class XII wich is at 17th age in senior high school” in sub district ilir barat I with population 493 student as the beginner voters wiich is to be a sample than until 10-15% of the population because subject of the reseach more than 100, so with the reseach use stratified randonm sampling tehnic.  stratified randonm sampling tehnic is taken sample by stratified. The sampe in this research 50 population taken from class XII in 17th age. The colection  documentation technic by photograph and questioner from the analisis and the discussion of dokumentation inferred that positive categoriez was show average value 152,7 with 66,95% percentage.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ISU KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMAN 1 BELITANG Rio Erwan Pratama; Emil El Faisal; Sri Artati Waluyati
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 2 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jbti.v1i2.4539

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Isu Kontroversial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PKn di SMAN 1 Belitang”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah ada  pengaruh Model Pembelajaran Isu Kontroversial dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI SMAN 1 Belitang ?” sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Isu Kontroversial dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan  siswa kelas XI SMAN 1 Belitang. Penelitian ini menggunakan analisa data kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Belitang Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 390 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan mengambil 2 kelas, didapat jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes. Dari hasil analisis data tes melalui uji-t diperoleh nilai t hitung > t tabel atau thitung = 1,745 > ttabel = 1,667 pada tingkat signifikansi 5% (α=0,05). Dengan demikian menerima hipotesis kerja (Ha) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Pembelajaran Isu Kontroversial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PKn di SMAN 1 Belitang

Page 1 of 19 | Total Record : 185


Filter by Year

2014 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 1 (2023): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 9, No 2 (2022): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 9, No 1 (2022): Bhinneka Tunggal Ika: Kajian Teori & Praktik Pendidikan PKn Vol 8, No 2 (2021): Bhinneka Tunggal Ika: Kajian Teori & Praktik Pendidikan PKn Vol 8, No 1 (2021): Bhinneka Tunggal Ika: Kajian Teori & Praktik Pendidikan PKn Vol 7, No 2 (2020): Bhinneka Tunggal Ika: Kajian Teori & Praktik Pendidikan PKn Vol 7, No 1 (2020): Bhineka Tunggal Ika : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 6, No 2 (2019): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 6, No 1 (2019): Bhineka Tunggal Ika : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 5, No 2 (2018): Bhineka Tunggal Ika : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 5, No 1 (2018): Bhineka Tunggal Ika : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 4, No 2 (2017): Bhineka Tunggal Ika : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 4, No 1 (2017): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 3, No 2 (2016): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 3, No 1 (2016): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 2, No 2 (2015): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 2, No 1 (2015): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 2 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn Vol 1, No 1 (2014): Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn More Issue