TY - JOUR TI - Penerapan Sistem Desmodromic Pada Silinder Head Sepeda Motor Honda GL Max 2008 AU - faizin, kholis nur IS - Vol 2, No 2 (2017): JOURNAL OF ELECTRICAL, ELECTRONICS, CONTROL, AND AUTOMOTIVE ENGINEERING (JEECAE PB - Politeknik Negeri Madiun JO - JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) PY - 2017 SP - 130 EP - 135 UR - http://journal.pnm.ac.id/index.php/jeecae/article/view/129 AB - Abstrak—Sistem kerja motor bakar 4 langkah atau biasa disebut motor berbasis 4 Tak memiliki siklus kerja empat kali, yaitu proses hisap, langkah kompresi, pembakaran , langkah usaha berakhir pada langkah buang. Cylinder head mempunyai banyak jenis mekanisme kerja katup diantaranya OHV, SOHC atau OHC, DOHC dan SV. Keempat mekanisme katup ini termasuk sistem katup konvensional karena waktu menutupnya katup masih menggunakan pegas. Pada sistem konvensional mempunyai kelemahan katup mengambang / floating telat menutup pada Rpm tinggi yang mengakibatkan katup membengkok dan kerusakan yang fatal pada komponen mesin.Selain sistem katup konvensional ada juga sistem katup Desmodromic yang berbeda dengan katup konvensional, jadi sistem katup ini tidak menggunakan pegas utuk menutup katup melainkan menggunakan rocker arm. Gerakan camshaft yang dimediatori kerja mekanisme cam chain ini mengakibatkan rocker arm ganda bekerja sempurna dan sinkron.Dari hasil penelitian maka sistem konvensional katup SOHC dari spesifikasi pabrikan Honda GL Series diubah menjadi sistem katup Desmodromic. Pembuatan sistem katup Desmodromic dikerjakan di bengkel Venusa Motor Works, Ds.Demangan, Jl.Kendalisodo Madiun. Perubahan melalui modofikasi dilakukan pada bagian cylinder head yang meliputi perubahan modifikasi camshaft, rocker arm, valve, cotter, dan retainer. Perubahan ini dilakukan karena mengikuti siklus kerja mekanisme katup. Setelah proses modifikasi dilakukan proses pengujian dengan menghidupkan mesin sepeda motor.