TY - JOUR TI - PELAKSANAAN STIMULASI MOTORIK HALUS PADA LATIHAN KEHIDUPAN PRAKTIS DI TK PIONEER MONTESSORI SCHOOL PADANG AU - Berti Setya Ningsih; Farida Mayar; Delfi Eliza IS - Vol 10, No 1 (2019): May 2019 PB - UPI Kampus Cibiru JO - CAKRAWALA DINI: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PY - 2019 SP - 1 EP - 10 UR - https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/15345/9610 AB - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan stimulasi motorik halus pada latihan kehidupan praktis di Taman Kanak-Kanak Pioneer Montessori School Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan stimulasi motorik halus pada latihan kehidupan praktis di Taman Kanak-Kanak Pioneer Montessori School Padang telah dilaksanakan dengan baik. Guru membuat perencanaan sebelum kegiatan memanfaatkan macam-macam kegiatan yang ada pada latihan kehidupan praktis serta menggunakan media dan metode yang menarik. Guru juga melakukan evaluasi pada setiap kegiatan motorik halus.Kata Kunci: Latihan Kehidupan Praktis, Motorik Halus