TY - JOUR TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI DONGENG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NEGERI 104232 TANJUNG MORAWA AU - Putri Juwita; Lisa Septia Dewi br. Ginting IS - Vol 3, No 2 (2019): Edisi Maret 2019 PB - Universitas Islam Sumatera Utara JO - Jurnal Bahastra PY - 2019 SP - 102 EP - 106 UR - https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1147/911 AB - Abstrak. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana teknik pengumpulan data  yaitu: (1) Observasi, (2) tes .Berdasaran hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan didalam dua siklus dengan penggunaan dongeng dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri 104232 Tanjung Morawa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada siswa kelas 1 SD Negeri 104232 Tanjung Morawa. setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan penggunaan dongeng. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang semakin meningkat dalam setiap siklusnya, yaitu nilai rata-rata hasil pengamatan guru pada siklus I 2,75 dan meningkat menjadi 3,55 pada siklus II. Dan dilihat dari hasil tes berbicara pada siklus I diketahui 18 dari 30 siswa telah mencapai nilai KKN (60), dan meningkat pada siklus II dimana 29 dari 30 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM (60).Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus tersebut diatas, ternyata hipotesis yang telah dirumuskan terbukti kebenarannya artinya ternyata langkah pembelajaran melalui dongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas I SD Negeri 104232 Tanjung Morawa.Kata Kunci: Kemampuan,berbicara, dogengAbstract. This research is Classroom Action Research (CAR) where data collection techniques are: (1) Observation, (2) Tests. The results of classroom action research have been carried out in two cycles with the use of fairy tales in Indonesian language learning in class I 104232 Public Elementary School Tanjung Morawa concluded that there was an increase in speaking skills in class 1 students of Tanjung Morawa 104232 Public Elementary School. after the implementation of learning with the use of fairy tales. This can be seen from the activity of students in the learning process that increases in each cycle, namely the average value of teacher observation in the first cycle 2.75 and increased to 3.55 in the second cycle. And seen from the results of the speaking test in the first cycle it is known that 18 out of 30 students have achieved the KKN (60), and increased in the second cycle where 29 of 30 students have succeeded in achieving the KKM score (60). Based on the results of classroom action research using 2 cycles above, it turns out that the hypothesis that has been formulated is proven to be true, meaning that it turns out that the step of learning through fairy tales can improve speaking skills in class I students of Tanjung Morawa State Elementary School 104232.Keywords: Ability, speaking, dogeng