TY - JOUR TI - EVALUASI DIRI DAN PERENCANAAN KERJA PENDIDIKAN BAGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH/MADRASAH AU - Agus Salim Chamidi IS - Vol 3 No 1 (2018) PB - IAINU Kebumen JO - Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam PY - 2018 SP - 1 EP - 39 UR - http://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/66/52 AB - Artikel ini membahas tentang evaluasi diri dan perencanaan kerja pendidikan bagi sebuah lembaga pendidikan seperti sekolah/madrasah, dan hubungan antara keduanya. Tujuannya adalah untuk menemukan hubungan antara evaluasi diri dan perencanaan kerja pendidikan bagi upaya-upaya peningkatan mutu sekolah/madrasah. Pembahasan bersifat deskriptif-analitik untuk memahami keduanya dan hubungan keduanya. Kesimpulannya adalah bahwa (1)proses evaluasi diri di sekolah/madrasah mutlak penting diselenggarakan untuk mengetahui posisi profil mutu sekolah/madrasah, untuk menyusun rekomendasi dan membuat skala prioritas, (2)perencanaan kerja pendidikan di sekolah/madrasah akan berlangsung sukses apabila berbasiskan evaluasi diri yang jelas, dan (3)suksesnya proses evaluasi diri menjadi prasyarat suksesnya perencanaan kerja pendidikan, dan semakin baik penyelenggaraan EDS/M dan perencanaan kerja pendidikan maka semakin jelas upaya peningkatan mutu pendidikan di suatu sekolah/madrasah.