TY - JOUR TI - Game petualangan untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia AU - Bachtiar, Mochammad Alvin Tri; Hakim, Lukman IS - Vol 6, No 2 (2016): July PB - Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang JO - Teknologi: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi PY - 2016 SP - 80 EP - 89 UR - http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/teknologi/article/view/591/690 AB - ABSTRAKSaat ini sistem pembelajaran sejarah sangat tidak menarik dan cenderung membosankan, salah satu solusinya adalah dengan mengemas proses belajar sejarah ke dalam bentuk game. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game edukasi berbasi game petualangan yang kemudian  diuji  oleh  pihak  guru  dan  siswa di  kelas  VIII  MTS Al-Anwar Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Hasil penilaian terhadap game dolanan sejarah memberikan hasil yang baik (skala maksimum 4) dari aspek ketertarikan dengan skor 3,19; aspek kemanfaatan dengan skor 3,46; aspek kesesuaian kurikulum memiliki skor sebesar 3,46; dan aspek kemudahan dengan skor 3,18.Kata kunci: Game adventure, game edukasi, sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. ABSTRACT   Currently, the process of learning history is less attractive, the problem is that students are less interested and bored. One solution is to package these lessons in the form of a game. The result of the research is an educational game, which then tested by the teachers and students in class VIII MTS AL-ANWAR. The results for the assessment of the game "dolanan" history gave positive results.  With a maximum scale of 4 on each aspect, we receive the following results: the aspect of interest scored 3.19, the aspect of expediency scored 3.46, curriculum suitability aspect scored 3.46, and the aspects of ease scored 3.18.Keywords: Adventure game, education game, history of Indonesian independence.