TY - JOUR TI - PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE SCAFFOLDING AU - Lus Viana Dewi; Mochammad Ahied; Irsad Rosidi; Fatimatul Munawaroh IS - Vol 10, No 2 (2019): Juli 2019 PB - Universitas Tanjungpura JO - Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA PY - 2019 SP - 299 EP - 313 UR - https://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/27630/75676582359 AB - The aims of this research were to know the effect activity learning to student learning outcomes used model Discovery Learning with Scaffolding method and outcomes at the material of light. This is research an experimental study with the research design Pre-Experimental. The population this research is student VIII class in State Junior High School 1 Kamal. The sampling technique was purposive sampling. Sampling used VIII-I as many 36 students as experimental class. Technique of analyzing data use simple regression with program SPSS version 18.00. Based on the result of this research, it can be concluded that: there was an effect activity learning to student learning at sig was 0,030, because sig < 0.05 so H0 rejected with regression equation Y’ = 26,882+ 0,660X.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Scaffolding pada materi cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kamal. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan aplikasi SPSS versi 18. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-I sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa dengan sig sebesar 0,030, karena sig < 0,05 maka H0 ditolak dengan persamaan regresi Y’ = 26,882+ 0,660X.