TY - JOUR TI - PERBANDINGAN GAYA PROPULSI TERHADAP BERAT PADA PROTOTIPE KAPAL BERSAYAP A2C TIPE B KONFIGURASI LIPPISCH SAAT HYDRO PLANING AU - Syamsuar, Sayuti IS - Vol 27, No 1 (2015): Warta Penelitian Perhubungan PB - Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan JO - Warta Penelitian Perhubungan PY - 2015 SP - 11 EP - 18 UR - http://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/warlit/article/view/770 AB - Permasalahan kelebihan berat menjadi hal yang perlu mendapat perhatian serius saat fabrikasi suatu prototipe Kapal Bersayap di industri material komposit. Untuk prototipe Kapal Bersayap baru A2C kapasitas (1 - 2) orang tipe B dan konfigurasi Lippisch dengan sayap reverse delta dan airfoil Clark-Y untuk mengetahui keseimbangan gaya-gaya padahydro planing pada sumbu Benda. PerbandinganThrust per Berat sekitar (2 : 5) digunakan pada prototipe Kapal Bersayap baru A2C kapasitas (1 ? 2) orang. Analisis yang digunakan, prosedur pengambilan data dari gaya-gaya melalui perhitungan teoritikal dan pengukuran menggunakan alat ukur di laboratorium, adalah untuk mengetahui besarnya gaya hambat hidrodinamika yang berpusat pada titik pusatbuoyance, gaya angkat aerodinamika pada titik pusat tekanan sayap, gaya Propulsi dan gaya berat pada titik pusat gravitasi di tata acuan koordinat sumbu Benda. Sehingga diperoleh hasil akhir bahwa prototipe Kapal Bersayap A2C layak terbang hanya dengan 1 Pilot.