TY - JOUR TI - Peran Dosen dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Mendukung Program Moderasi Beragama AU - Koko Adya Winata; Tatang Sudrajat; Yuyun Yuniarsih; Qiqi Yuliati Zaqiah IS - Vol 8 No 2 (2020): Jurnal Pendidikan PB - Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong JO - Jurnal Pendidikan PY - 2020 SP - 98 EP - 110 UR - https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/449/392 AB - Abstrak: Penelitian ini mengkaji berkenaan dengan peran dosen dalam pembelajaran pendidikan Pancasila dan PKn untuk mendukung program moderasi beragama. Peran dosen dalam pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan menempati posisi yang sangat penting untuk membentuk karakter Mahasiswa agar memiiliki spirit nasionalisme, keragaman dan semangat berkewarganegaraan. Peran dosen sebagai pendidik harus mampu memberikan pemahaman yang baik dan komprehensif kepada Mahasiswa tentang kondisi masyarakat Indonesia yang multicultural. Melalui pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan serta program moderasi agama yang baik Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan, keberagaman, keadaban, toleransi dan persamaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan; 1) Rendahnya minat dan motivasi belajar Mahasiswa terhadap pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan; 2) adanya indikasi Mahasiswa yang terpapar ideology khilafah; 3) pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan masih belum terintegrasi dengan moderasi agama.