TY - JOUR TI - UPAYA MENURUNKAN DEFECT FENDER LH BUMP IMPACT FITTING UNIT D17D DENGAN METODE PDCA DI PT XYZ AU - Vitalis Anggit Wisnu Wicsksono; Annisa Mulia Rani IS - Vol 6 No 1 (2019): JURNAL SURYA TEKNIKA PB - Fakultas Teknik UMRI JO - Jurnal Surya Teknika PY - 2019 SP - 48 EP - 55 UR - https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JST/article/view/1867/1116 AB - Dalam Industrial Engineering kualitas merupakan salah satu hal yang sangat di perhatikan dalam prosesnya, sama halnya yang dilakukan oleh PT. XYZ. Departemant Body Line 1 salah satu departemen yang ada di PT XYZ yang bertugas membuat body mobil dengan menggunakan mesin las co2 dan las spot untuk merakit. Didalam di Body Line 1 Departemen, ada beberapa masalah yang berkaitan dengan produksi yaitu masalah kualitas yang mempengaruhi defect per unit (DPU) meningkat. Ada beberapa jalur yang menyumbang tingginya defect pada body Line 1. Akan tetapi pada line metal finish adalah penyumbang defect yang paling tinggi yaitu sebesar 493 temuan defect yang didominasi defect fender Lh bump impact fitting unit D17D sebesar 294. Metal finish adalah tempat merakit door assy dan proses repair appearance di body welding, hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas body yang akan dikirim ke Painting department, Sedangkan target kebijakan dari perusahaan adalah 0,2% defect dari total produksi sehingga perlu adanya penanggulangan agar target perusahaan tercapai. Perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengunakan Plan – Do – Check - Action (PDCA). Diharapkan dengan perbaikan ini dapat menurunkan defect yang sedang terjadi jalur Metal Finish D 17D. sehingga target kualitas yang sudah ditetapkan dapat tercapai. Dari kegiatan perbaikan tersebut, defect fender bump LH impact fitting dari bulan April – September 2017 dapat diturunkan dari 294 defect menjadi 4 defect pada bulan Desember 2017. Sehingga target yang sudah ditetpakan oleh manajement telah tercapa.