TY - JOUR TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP TEUKU UMAR SEMARANG AU - Lestari, Sri Hapsari; ., Tukidi; Ginanjar, Asep IS - Vol 1 No 1 (2019): April 2019 PB - Program Studi Pendidikan IPS UNNES JO - SOSIOLIUM : Jurnal Pembelajaran IPS PY - 2019 SP - 84 EP - 93 UR - https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sosiolium/article/view/30454/13385 AB - The purpose of this study was to determine the effectiveness of PBL learning models in learning process of social studies class on the VII grade students’ of SMP Teuku Umar Semarang from the teacher skill of managing the learning process, students activity in the learning process, and students’ learning outcomes classically.This research uses quantitative method with pre-experimental design with one group pretest post-test design. Data collection methods used are tests, observations, and documentation.The results showed that teacher included high category in learning activities, learning results had increased and achieved completeness in classical manner, so it can be said that learning process using PBL learning model is effective.The calculation results of tcount = -30, 428 and t table = 2.039 because thitung<ttable then Ho is rejected. This means that the posttest results are better than the results of the pretest, or there is an increase in results. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL dalam pembelajaran IPS kelas VII SMP Teuku Umar Semarang kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar secara klasikal.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan pre-eksperimental design dengan desain one group pretest postest design.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam mengola pembelajaran termasuk kategori tinggi, aktivitas belajar masuk pada kategori tinggi, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan secara klasikal, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL efektif. Hasil perhitungan thitung=-30, 428 dan ttabel = 2,039 karena thitung < ttabel maka Ho ditolak. Hal ini berarti hasil posttest lebih baik daripada hasil pretest, atau ada peningkatan hasil.