TY - JOUR TI - Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Interactive Demonstration (Inquiry Spectrum Learning-Wenning) AU - Syafruddin; Indah Dwi Lestari IS - Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Riset Kajian Teknologi dan Lingkungan PB - LPPM Universitas Samawa JO - Jurnal Riset Kajian Teknologi dan Lingkungan PY - 2018 SP - 22 EP - 25 UR - https://e-journal.lppmunsa.ac.id/index.php/jrktl/article/view/39/38 AB - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Interactive Demonstration.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Seluruh mahasiswa pendidikan Biologi adalah populasi dalam penelitian ini sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas sebagai kelas uji coba. unTuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes essay dengan 6 butir soal Metode tes sebagai pengumpul data untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai post-test yang diberikan pada akhir pembelajaran.Berdasarkan hasil uji nilai t, nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,0112. Taraf signifikansi 5% dengan dk = 9 + 7 - 2 = 14 sebesar 1,765 maka thitung < ttabel (2,0112 > 1,765). Dengan demikian, hipotesis nol (h0) ditolak dan hipotesis alternatif (ha) diterima. Hipotesis alternatif yang diterima memberikan kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa pendidikn biologi menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Interactive Demonstration.