TY - JOUR TI - PERBEDAAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI EMOSI ANAK DALAM BERMAIN KONSTRUKTIF AU - Taruli Marito Silalahi IS - Vol 6, No 2 (2020) PB - Jurusan PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon JO - AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak PY - 2020 SP - 282 EP - 300 UR - https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/downloadSuppFile/6849/1603 AB - Abstract Creative thinking skills can be developed early. Emotions play a role in shaping children's creative thinking skills. The purpose of this study is to analyze the differences early childhood creative thinking skills in terms of their emotional state through constructive play activities. This research is quantitative descriptive research. The study population is all children in group B aged 5-6 years totaling 80 childrens. Sampling is Purposive Sampling technique. The study was conducted at the Anak Raja Kindergarten in Medan. Data collection techniques using portfolio and observation techniques. Portfolio data were analyzed descriptively while observation data were analyzed to test hypotheses with Independent T-Test using SPSS 23. The results showed that the average creative thinking skills of children who play constructive with positive emotions were higher with an average value of 15.12 or located in the creative category. While the creative thinking skills of children with negative emotions in constructive play are categorized as less creative, because they obtain an average score of 9.28. Independent T-Test parametric test results are  Sig. (2-tailed) 0.00 < from 0.05 so it was decided that Ha which reads "There are differences in the creative thinking skills of children who play constructive with positive emotions with children who play constructive with negative emotions" are accepted. This research concludes that positive emotions greatly affect children's creative thinking skills. Abstrak Keterampilan berpikir kreatif dapat ditumbuhkembangkan sejak dini.  Emosi berperan dalam membentuk  keterampilan berpikir kreatif anak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis  perbedaan keterampilan berpikir kreatif anak usia dini ditinjau dari kondisi emosinya melalui kegiatan bermain konstruktif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B usia 5 – 6 tahun berjumlah 80 orang anak. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling.  Penelitian dilaksanakan di TK Anak Raja Medan. Teknik pengumpuan data menggunakan teknik portofolio dan observasi. Data portofolio dianalisis secara deskriptif    sedangkan data observasi dianalisis untuk menguji hipotesis dengan  T-Test Independent menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan berpikir kreatif anak yang bermain konstruktif dengan emosi positif  lebih tinggi dengan nilai rata-rata 15,12 atau berada pada kategori kreatif.  Sedangkan keterampilan berpikir kreatif anak dengan emosi negatif dalam bermain konstruktif dikategorikan kurang kreatif, karena memperoleh nilai rata-rata 9,28. Hasil uji parametrik T-Test Independent  yaitu Sig. (2-tailed) 0,00 < dari 0,05 sehingga diputuskan bahwa Ha yang berbunyi “ Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif anak yang bermain konstruktif dengan emosi positif dengan anak yang bermain konstruktif dengan emosi negatif” diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa emosi positif sangat mempengaruhi  keterampilan berpikir kreatif anak.