TY - JOUR TI - Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan Produk dengan Metode Analisis Matrik BCG dan SWOT pada UKM Dilloka Pekanbaru AU - Ekie Gilang Permata; Suherman Suherman; Rahmi Aini IS - Vol 6, No 2 (2020): DESEMBER 2020 PB - Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau JO - JTI: Jurnal Teknik Industri PY - 2020 SP - 93 EP - 99 UR - http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/9875/5789 AB - Startegi Pemasaran dapat menentukan tujuan perusahaan dalam mengambil kebijakan dan aturan yang dapat memberikan arahan sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan pesaing yang selalu berubah. Studi kasus ini pada perusahaan produksi berbagai macam hijab. perusahaan ini memiliki penjualan yang fluktuasi karena pemesanan konsumen yang tidak menentu setiap tahunnya dan munculnya pesaing dengan jenis hijab yang sama. Melihat banyaknya pesaing maka perusahaan ini harus mengetahui kondisi perusahaan dengan perhitungan matrik BCG dan mengetahui faktor eksternal (EFE) dfaktor internal (IFE) untuk menghadapi persaingan dengan hasil analisis SWOT. Hasilnya perusahan ini berada pada posisi Qustion Mark pada matrik BCG dengan tingkat pertumbuhan pasar 21% dan pangsa pasar relatif 0,69. Pada hasil perhitungan matrik IE perusahaan ini berada pada kuadran II yaitu perusahaan harus melakukan strategi tumbuh dan membangun. Hasil analisis SWOT dilakukan berdasarkan salah satu sifat nabi Muhammad adalah tabligh (menyampaikan). Kata Kunci:  Strategi Pemasaran, Matrik BCG, analisis SWOT