TY - JOUR TI - Pembelajaran Daring Menggunakan Video Animasi Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIC SMPN 1 Seberida AU - Masdafni, Masdafni IS - Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020 PB - LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia JO - Jurnal Pendidikan Tambusai PY - 2020 SP - 1752 EP - 1763 UR - https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/644/576 AB - Hasil belajar merupakan prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Berdasarkan observasi, hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Seberida selama masa pandemi Covid 19 ini kurang dari 50% belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal pada pebelajaran Matematika disebabkan kurang tepatnya memilih media pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Dari sini timbullah pemikiran penulis untuk melakukan upaya agar terciptanya proses pembelajaran yang lebih baik, dengan menggunakan media video yang linknya dikirim melalui whassapp group siswa yang dapat menggantikan peran guru dalam melakukan pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 83%, dan mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu 90%. (2) aktifitas siswa pada siklus 1 yaitu 78%, pada siklus 2 meningkat yaitu 86% (3) Ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 77%, dan meningkat pada siklus 2 sebesar 90%.