TY - JOUR TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 LANGSA AU - Saiman; Zaki M; Amalia R IS - Vol 1 No 02 (2018): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA PB - Universitas Samudra JO - Jurnal Dimensi Matematika PY - 2018 SP - 1 EP - 5 UR - https://ejurnalunsam.id/index.php/JDM/article/view/1003/862 AB - Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran pencapaian konsep lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 7 Kota Langsa. Sedangkan untuk sampel dipilih secara random dua kelas yang kemapuannya sama, yaitu Kelas sebagai kelas kontrol. Penelitian ini berbentuk penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control-grup pretest-postest design. Instrumen penelitiannya terdiri dari lembar test hasil belajar dan didukung oleh instrumen sekunder lainnya; angket respon siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan lembar kerja siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bahwa ditolak dan diterima, artinya adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Pencapaian Konsep lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Pencapaian Konsep