TY - JOUR TI - Peningkatan Pengetahuan Pembuatan Game dalam Rangka Pengenalan Industri Kreatif pada Siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda AU - Siti Qomariah; Andi Yusika Rangan; Amelia Yusnita IS - Vol. 2 No. 2 (2020): Juli-Desember 2020 PB - Pusat Studi Sosial dan Pengabdian Masyarakat Fisipkum Universitas Serang Raya JO - BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT PY - 2020 SP - 110 EP - 119 UR - https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PS2PM/article/view/2872/1548 AB - Game merupakan industri yang sangat besar saat ini.Menurut data asosiasi IP development, Cipta Kreasi (CAKRA) pasar game Indonesia pada 2018 lalu mencapai US$1,13 miliar atau setara Rp 16 triliun (asumsi Rp 14.000/US$). Sayang game buatan lokal hanya menguasai 0,2%. Sisanya dikuasai game buatan luar negeri. pemerinta harus fokus untuk mendorong produksi game nasional menjadi sektor unggulan untuk membantu perekonomian nasional. Untuk meningkatkan industri kreatif bidang game maka diperlukan kegiatana pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dan siswa dalam membuat game dengan berbagai software yang ada melalui pelatihan. software yang digunakan untuk pembuatan adalah software construk 2.0 tahapan yang dilakuakan dalam pelatihan ini adalah pre test, pemberian materi pelatihan,praktik pembuatan game, post test dan pemantauan hasil. kegiatan program pengabidan masyarakat untuk peningkatan pengetahuan pembuatan game dalam rangka penegenalan industrikreatif dengan cara pelatihan dapat mewujudkan wirausaha baru di bidang industri kreatif.