TY - JOUR TI - PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI POKOK KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI KELAS III SD NEGERI 106148 BULU CINA T.A 2018/2019 AU - Winny Sunfriska Limbong; Khairi Zakiah Harahap IS - Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia PB - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia JO - Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia PY - 2020 SP - 31 EP - 38 UR - http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT/article/view/1750/1276 AB - Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuanuntukmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi kenampakan permukaan bumi di kelas III SD Negeri 101648 Bulu Cina T.A 2018/2019. Subjek dalam penelitianini adalah siswa kelas III yang berjumlah 31siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitianberupa data tes objektif dan data observasi kegiatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanyahasilbelajarmeningkatpada22 siswa siklus I nilai rata-rata siswa 73,54dengan ketuntasan klasikal 70,96% dan pada siklus II sebanyak 28 siswa meningkat, nilai rata-rata siswa 81,74dengan ketuntasan klasikal 90,32%. Model pembelajaran kooperaif tipe NHT juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 67,30% menjadi 88,46% Dari tindakan dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi di kelas III SD Negeri 106148 Bulu Cina T.A 2018/2019