TY - JOUR TI - EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR AU - Nur Afhrija Zahra; Ersi Mutia Sari; Wenda Audina; Husnul Khotimah; Nurbaiti Fitri IS - Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia PB - Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia JO - Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia PY - 2020 SP - 39 EP - 43 UR - http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT/article/view/1751/1277 AB - Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media animasi dalam proses pembelajaran IPA pada materi organ pencernaan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang siswa kelas V MI Ash-Sholihin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan media animasi dalam proses pembelajaran IPA materi organ penernaan pada anak kelas V di MI Ash-Sholihin. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media animasi yang menunjukkan bahwa keefektifan media animasi pada proses pembelajaran IPA materi organ pencernaan di kelas V berada di kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa media animasi dikatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA kelas V di MI Ash-Sholihin