TY - JOUR TI - Analisis pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri se-Kabupaten Kendal AU - Ardira Aldo Serena; Buyung Kusumawardhana; Setiyawan Setiyawan IS - Vol 3, No 2 (2020) PB - Universitas PGRI Madiun JO - Journal Power Of Sports PY - 2020 SP - 25 EP - 29 UR - http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPOS/article/view/7244/pdf AB - Latar belakang penelitian ini adalah saat observasi di Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Kendal menempati peringkat ke-9 dari 35 kabupaten di Jawa Tengah, dengan perolehan medali sebanyak 10 medali terdiri dari medali emas berjumlah 6 medali, medali perak sebanyak 1 medali dan medali perunggu sebanyak 3 medali. Sasaran penelitian ini difokuskan pada proses pelaksanaan ekstrakurikuler dan kendalanya di SMA Negeri se-Kabupaten Kendal tahun 2019. Tujuan dari penelitian adalah peneliti ingin mengetahui tentang pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri se-Kabupaten Kendal tahun 2019.  Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yaitu semua SMA Negeri di Kabupaten Kendal yang terdiri dari 13 SMA. Sasaran penelitian ini difokuskan pada proses pelaksanaan ekstrakurikuler dan kendalanya di SMA Negeri se Kabupaten Kendal. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dekriptif kualitatif.  Berdasarkan data dari hasil analisis dalam penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang olahraga di seluruh SMA Negeri di Kabupaten Kendal sudah berjalan dengan baik namun ditemukan beberapa kendala dalam aspek perencanaan dan pelaksanaan. Sedangkan pada aspek evaluasi yang mencakup kegiatan monitoring, pengawasan, dan pembuatan laporan sepenuhnya berjalan dengan baik. Namun ada beberapa kegiatan yang masih kurang maksimal seperti fasilitas dan pelatih yang ada. Faktor yang menjadikan menurunnya prestasi yaitu karena faktor pelatih, faktor siswa atau peserta didik, faktor kepengurusan ekstrakurikuler, faktor ketersediaan sarana dan prasarana dan faktor pendanaan.