TY - JOUR TI - Analisis yang Mempengaruhi Niat Bertransaksi Online di E-Commerce Shopee di Kota Denpasar Provinsi Bali AU - I Nyoman Wahyu Widiana IS - Vol. 1 No. 2 (2021): Maret 2021, IJI Publication PB - Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia JO - Indonesian Journal of Intellectual Publication PY - 2021 SP - 70 EP - 81 UR - http://journal.intelekmadani.org/index.php/ijipublication/article/view/56/59 AB - Perubahan pola perilaku dan kebutuhan konsumen mengikuti perkembangan teknologi dan arus informasi menjadikan lebih bertingkah laku praktis. Konsumen membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam pemenuhan kebutuhan. E-commerce adalah jawaban atas kecepatan dan ketepatan pemenuhan kebutuhan konsumen yang menawarkan keunggulan kompetitifnya yakni lebih hemat waktu, dan praktis.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh keamanan, kepercayaan, dan privasi terhadap niat bertransaksi secara online di e-commerce Shopee secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Penarikan sampel penelitian menggunakan accidental sampling, dengan sampel penelitian sebanyak 110 responden yang merupakan konsumen pengguna E-commerce Shopee di Kota Denpasar Provinsi Bali. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan SPSS kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linier berganda  uji F (simultan), disimpulkan bahwa variabel keamanan, kepercayaan, dan privasi memiliki pengaruh terhadap variabel niat bertransaksi online di e-commerce Shopee di Kota Denpasar Provinsi Bali, hasil analisis uji t disimpulkan bahwa variabel keamanan, kepercayaan, dan privasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel niat bertransaksi secara online di e-commerce Shopee di Kota Denpasar Provinsi Bali. Artinya, semakin tinggi tingkat keamanan, kepercayaan, privasi yang dilakukan oleh e-commerce Shopee maka semakin tinggi niat bertransaksi online di e-commerce Shopee, dan sebaliknya semakin rendah tingkat keamanan, kepercayaan, privasi yang dilakukan oleh e-commerce Shopee maka semakin rendah pula niat bertransaksi online di e-commerce Shopee. Oleh karena itu untuk meningkatkan niat bertransaksi online di e-commerce Shopee, maka pihak perusahaan memperhatikan faktor-faktor keamanan, kepercayaan, dan privasi dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi e-commerce.