TY - JOUR TI - STRATEGI PENGEMBANGAN JAMU RAMUAN MADURA DI KABUPATEN SUMENEP AU - Ika Fatmawati; Nur Qoudry Wijaya IS - Vol 18 No 1 (2021): JURNAL PERTANIAN CEMARA (CENDEKIAWAN MADURA) PB - Fakultas Pertanian JO - JURNAL PERTANIAN CEMARA PY - 2021 SP - 50 EP - 63 UR - https://ejournalwiraraja.com/index.php/FP/article/view/1365/1036 AB - Salah satu daerah yang terkenal dengan brand jamu adalah Madura.Industri Jamu Ramuan Madura masih banyak memilki kendala di tengah keberhasilan yangtelah adakarena maraknya peredaran jamu berbahan baku kimia, dalam hal ini dikarenakan daya saing dan kemampuan nilai jual produk jamu dari usaha mikro yang belum terstandarisasi sesuai ketentuan Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat terhadap produk jamu ramuan Madura berdasarkan studi perilaku konsumen.Untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat pada produk jamu ramuan Madura yaitu menggunakan analisis SWOT sebagai metode pengolahan data kemudian dipilah dalam IFAS dan EFAS 347, 62 dan 355 artinya faktor eksternal lebih kuat daripada faktor internal. Hasil penelitian berdasarkan skor IFAS dan EFAS. Strategi yang tepat untuk diterapkan pada produsen jamu Ramuan Madura yaitu: (a) Meningkatkan promosi dan memperluas daerah pemasaran Oleh karena ini untuk mengembangkan jamu ramuan Madura harus mampu memanfaatkan peluang pemasaran, (b) Modifikasi Kemasan, (c) Teknologi mengurangi aroma menyengat pada jamu, (d) adanya pelatihan dan pendampingan dalam mengurus ijin.