TY - JOUR TI - Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel AU - Heru Khaerudin; Aritya Imswatama; Ana Setiani IS - Vol. 2 No. 1 (2021): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains PB - Pendidikan Matematika Universitas Almuslim JO - Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains PY - 2021 SP - 36 EP - 43 UR - http://journal.umuslim.ac.id/index.php/asm/article/view/510/457 AB - Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada masa pandemi dengan menggunakan pembelajaran daring pada pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel siswa kelas VII SMP Yasidik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP dengan menggunakan subjek terbatas sebayak 6 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes bertipe HOTS berbentuk uraian sebanyak 4 soal untuk melihat tipe-tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan teori Newmann, diperoleh bahwa 1) siswa tidak melakukan kesalahan pada tipe kesalahan reading error, 2) siswa tidak melakukan kesalahan pada tipe comphrension error 3) siswa melakukan kesalahan pada tipe transformation error 4) siswa melakukan kesalahan pada tipe processing skill error 5) siswa melakukan kesalahan pada tipe encoding error.