TY - JOUR TI - DESAIN PERMAINAN PAPAN UNTUK MENGENAL RUMAH DAN PAKAIAN ADAT PADA ANAK PRASEKOLAH AU - Andi Ramlan; Hamdan Bahalwan IS - Vol. 9 No. 1 (2021): Vol. 9, No. 1, April 2021 PB - Indonesian Society of Applied Science JO - Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur PY - 2021 SP - 12 EP - UR - https://ejurnal.polnes.ac.id/index.php/kreatif/article/view/145/132 AB - Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan yang luar biasa, mulai dari jumlah penduduk, sumber daya alam, hingga kebudayaan dan adat istiadat. Setiap daerah memiliki ciri khas budaya masing-masing mulai dari rumah adat, pakaian adat, upacara adat, alat musik, dll. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, banyak kebudayaan-kebudayaan yang berangsur-angsur tergusur oleh perkembangan zaman, oleh sebab itu, pentingnya menanamkan kepada diri kita untuk cinta tanah air dan mencintai dengan sepenuh hati warisan budaya Indonesia yang perlu kita tanamkan sejak dini agar menjadi karakter anak bangsa yang nasionalisme. Untuk itu, anak-anak perlu dibekali wawasan tentang kekayaan kebudayaan Indonesia sejak usia prasekolah. Studi literatur dan observasi merupakan metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi dalam perancangan permainan papan ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desain dan analisis SWOT. Perancangan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya Indonesia sejak dini dan menanamkan sikap kepedulian cinta tanah air. Hasil akhir dari perancangan ini berupa permainan papan sebagai media pengenalan budaya Indonesia pada anak prasekolah. Kata kunci: anak prasekolah, budaya Indonesia, permainan papan.