TY - JOUR TI - Pengaruh E-Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis AU - Sudarman Sudarman; Sartika Sartika; Iip Sugiharta; Farida Farida IS - Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021 PB - Mathematics Education Study Program JO - Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika PY - 2021 SP - 2133 EP - 2140 UR - https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/625/417 AB - E-learning merupakan sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi seperti google classroom. Berdasarkan studi pendahuluan pemecahan masalah matematis masih rendah karena pembelajaran berpusat pada pendidik membuat jenuh sehingga materi yang diberikan sulit dipahami dan, tenaga pendidik belum terbiasa dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran E-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Al-Huda Jati Agung dengan metode quasi eksperimen desain. Populasi penelitian ini peserta didik kelas VII dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VIII A kelas eksperimen dengan pembelajaran E-learning dan kelas VIII B kelas kontrol pembelajaran konvensional.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes. Hasil analisis data terdapat pengaruh pembelajaran E-learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik karena memudahkan peserta didik berinovasi mencari sumber belajar tidak hanya terpaku pada pendidik. Maka disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran E-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.