TY - JOUR TI - Penerapan Metode Peta Pikiran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Dasar AU - Mila Yatimatul Isnayni; Dwi Amiliatuz Zaqiyah IS - Vol. 1 No. 2 (2020): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi PB - HMPS Tadris Biologi FTIK IAIN Jember JO - ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi PY - 2020 SP - 91 EP - 100 UR - https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/15/12 AB - The purpose of this research is to find out how the influence of mind mapping methods inincreasing the learning motivation of students in biological biology in basic biology courses. This research was conducted by giving questionnaires or questionnaires online to respondents (students of biology class 1 biology class of 2019). The type of questionnaire used in this study was a closed questionnaire, where respondents answered questions that had been provided. Based on the results of study that by applying the mind mapping method in studying basic biology students find it easier to remember the material that has been delivered. In addition, for them by applying this method the material becomes easier to understand and effective for learning activities. So, it can be concluded that in this study the mind mapping method can increase student motivation in basic biology courses.Keywords: Motivation to learn, Mind mapping, Basic biology.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode peta pikirandalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa tadris biologi pada mata kuliah biologi dasar.Penelitian ini dilakukan dengan cara pemberian kuesioner atau angket secara online kepada responden (mahasiswa tadris biologi kelas biologi 1 angkatan 2019 IAIN Jember). Jenis angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup, yang mana responden menjawab pertanyaan yang telah disediakan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan menerapkan metode peta pikiran dalam mempelajari biologi dasar mahasiswa merasa lebih mudah mengingat materi yang telah disampaikan. Selain itu, bagi mereka dengan menerapkan metode ini materi menjadi lebih mudah dipahami dan efektif untuk kegiatan belajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini metode peta pikiran dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah biologi dasar.Kata kunci: Motivasi belajar,Peta pikiran, Biologi dasar.