TY - JOUR TI - Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V AU - Nadifatinisa, Nur; Sari, Prima Mutia IS - Vol 4, No 2 (2021): Juli PB - Universitas Pendidikan Ganesha JO - Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran PY - 2021 SP - 344 EP - 351 UR - https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/37574/20310 AB - Penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis terhadap guru yang kesulitan mengembangkan LKPD sehingga membuat peserta didik tidak dapat belajar mandiri serta tidak berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan LKPD berbasis HOTS menggunakan Liveworksheet pada Pembelajaran IPA materi ekosistem Kelas V sekolah dasar,. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Subjek validasi penelitian ini adalah 3 orang pakar yaitu ahli materi, ahli media, guru. 23 siswa kelas V pada tahap uji coba. Berdasarkan hasil review dari ahli materi diperoleh persentase  82.40% dengan predikat sangat baik, selanjutnya hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase 85.00% dengan predikat sangat baik dan hasil uji kelayakan oleh guru diperoleh persentase 90.67% dengan predikat sangat baik. Uji coba dilakukan pada kelas V diperoleh hasil persentase kualitas LKPD berbasis HOTS sebesar 89.27% dengan predikat sangat baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa Pengembangan LKPD berbasis HOTS menggunakan Live worksheet pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik kelas V di Sekolah Dasar.