TY - JOUR TI - Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Broken Home pada Mata pelajaran Pendidika Agama Islam AU - Dudun Najmudin IS - Vol 3 No 1 (2021): Pembelajaran PAI di Masa Pademi Covid 19 PB - Prodi Pendidikan Agama Islam, STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi JO - Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam PY - 2021 SP - 42 EP - 52 UR - https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/113/101 AB - Broken home diartikan dengan kondisi keluarga yang tidak harmonis dan tidak berjalan layaknya keluarga yang rukun, damai dan sejahtera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program peningkatan prestasi belajar peserta didik broken home. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, studi kepustakaan dan wawancara. Data peserta didik dalam penelitian ini sebanyak 5 orang terdiri dari 2 laki-laki dan 3 perempuan. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisis sehingga memperoleh temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik broken home baik, karena mencapai nilai di atas KKM dan dan upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik broken home pada Mata Pelajaran PAI dilakukan melalui menanamkan sifat jujur, memberikan motivasi belajar dan mengadakan perkumpulan majelis ta’lim.