TY - JOUR TI - Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah SD Inpres Mallengkeri 2 Makassar AU - A. Gafar Hidayat IS - Vol 7 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN IPS PB - STKIP Taman Siswa Bima JO - JURNAL PENDIDIKAN IPS PY - 2017 SP - 66 EP - 72 UR - https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpi/article/view/106/94 AB - Tujuan penelitian ini yaitu; (1) Mendeskripsikan Implementtasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS dikelas 1 dan 4 SD Inpres Mallengkeri 2 Makassar; (2) Mengidentifikasi dan menarasikan kendala pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS kelas 1 dan 4 SD Inpres Mallengkeri 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sumber data terdiri dari sumber data sekunder dan sumber data primer. Dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, juga dokumentasi. Uraian yang tercantum di dalamnya berdasarkan fenomena rill di lapangan yang ditemui oleh peneliti. Berdasar hasil penelitian yang dilakukan yaitu; (1) SD Inpres Mallengkeri 2 merupakan sekolah yang dipilih untuk uji coba pelaksanaan kurikulum 2013 pada tahun ajaran baru 2017/2018;(2) meskipun masih pada tahap uji coba, tetap akan diadakan evaluasi dengan baik, agar dapat dijadikan rujukan untuk menerapakan kurikulum 2013 pada kelas lainnya dan dilaksanakan secara utuh dan menyeluruh;(3) Perlunya adaptasi antara guru dan siswa dalam penerapan pendekatan saintifik dalam setiap pembelajaran; (4) Tidak semua materi dapat dibelajarkan dengan pendekatan saintifik dalam setiap pembelajaran (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mencipta, dan mengkomunikasikan); (5) perlunya penambahan pelatihan yang lebih mendalam terkait teknis pelaksanannya; (6) proses penilaian yang terlalu rinci sehingga memerlukan waktu yang lebih dalam memberi nilai kepada siswa, dan belum tersedianya buku pegangan guru dan siswa; (7) Sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti penggunaan sound dan LCD disekolahan kami hanya memiliki 2 LCD karena dalam pembelajaran pada kurikulum 2013 banyak menggunakan media-media.