TY - JOUR TI - Pengaruh Pelayanan Jasa Clearance Terhadap Berthing Time Kapal Yang Diageni Oleh PT. Transuta Lintas Samudera Cabang Merak AU - M. Yusuf; Iman, Nurul; Noviandra, Luviana IS - Vol 14 No 1 (2021): JUNI PB - Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STIP Jakarta JO - Meteor STIP Marunda PY - 2021 SP - 111 EP - 120 UR - http://ejournal.stipjakarta.ac.id/index.php/meteor/article/view/185/152 AB - Transuta Lintas Samudera Cabang Merak merupakan perusahaan pelayaran yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa keagenan kapal-kapal asing yang berperan sebagai port agent atau local agent. PT. Transuta Lintas Samudera Cabang Merak memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang pesat dalam pelayanan jasa keagenan kapal. Berdasarkan data permasalahan yang ada membahas mengenai keterbatasan karyawan operasional dan kurangnya pelayanan jasa clearance yang dilakukan oleh PT. Transuta Lintas Samudera terhadap kapal-kapal sandar di pelabuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kurangnya pelayanan jasa clearance terhadap berthing time yang Diageni oleh PT. Transuta Lintas Samudera Cabang Merak. Dalam penelitian ini ditemukan hasil data dari pengaruh pelayanan jasa clearance terhadap berthing time kapal yang diageni oleh PT. Transuta Lintas Samudera Cabang Merak. Untuk perusahaan pelayaran ini harus memikirkan strategi alternatif untuk mendapatkan suatu hasil dari pemecahan masalah dengan baik. Hasil tersebut upaya yang digunakan untuk mempersingkat waktu pelayanan jasa clearance yang diageni oleh PT. Transuta Lintas Samudera Cabang Merak tidak menyebabkan kapal berada lama di pelabuhan.