TY - JOUR TI - KONSEP SPIRITUAL MARKETING DALAM PEMASARAN PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS SURYAKANCANA AU - Uus Ahmad Husaeni; Huzni Farhany; Nina Nurkomalasari; Farid Faisal IS - Vol 1, No 1 (2021): Januari (El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam) PB - Universitas Suryakancana JO - El-Ecosy : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam PY - 2021 SP - 75 EP - 88 UR - https://jurnal.unsur.ac.id/elecosy/article/view/1138/1123 AB - ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep spiritual marketing dalam pemasaran prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana yang pada akhirnya terjadi peningkatan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Adapun metode pengolahan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data-data yang diperoleh dari penelitian lapangan, peraturan-peraturan dan buku-buku yang diolah serta dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu implementasi spiritual marketing dalam upaya memasarkan prodi-prodi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana sangat dianjurkan, mengingat dampak dari penerapannya sangat menguntungkan bagi peningkatan jumlah mahasiswa. Implementasi konsep spiritual marketing pada akhirnya akan menumbuhkan rasa loyalitas dan trust pada benak masyarakat akan kredibilitasnya terhadap FEBI. Adapun keuntungan dalam jangka panjang, FEBI akan memperoleh wallet share dari siklus spiritual marketing yang dapat digunakan sebagai modal pengembangan ekonomi syariah dimasa yang akan datang. ABSTRACTThe purpose of this study is to analyze the concept of spiritual marketing in the marketing of the Islamic Economics Department which in turn has increased the number of students from year to year. This research method uses library research. The data processing method used is to collect data obtained from field research, regulations and books which are processed and analyzed using qualitative methods. The conclusion of this research is that the implementation of spiritual marketing in an effort to market of Islamic Economic department at the Faculty of Islamic Economics and Business (FEBI), Suryakancana University is highly recommended, considering the impact of its application is very beneficial for increasing the number of students. The implementation of the spiritual marketing concept will ultimately foster a sense of loyalty and trust in the minds of the public regarding its credibility towards FEBI. As for the long-term benefits, FEBI will get a wallet share from the spiritual marketing cycle which can be used as capital for the development of the Islamic economy in the future.