TY - JOUR TI - Profil Antusias Belajar Fisika Peserta Didik Metode Hybrid Learning di MAN 2 Sumedang AU - Delviana Junissetiawati; Syifa Ramadiani; Muhammad Minan Chusni; Euis Rihayatin IS - Vol 8 No 1 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. PB - Universitas Sulawesi Barat JO - SAINTIFIK PY - 2022 SP - 29 EP - 36 UR - https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/345/190 AB - Tuntutan dari pembelajaran fisika adalah terjadinya peningkatkan kemampuan berpikir peserta didik sehingga tidak hanya mampu secara kognitif dan psikomotorik melainkan peserta didik juga mampu berpikir secara sistematis, objektif dan kreatif. Tetapi, fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran fisika seringkali ditemukan peserta didik yang bermalas-malasan dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat antusias belajar fisika dan mengetahui indikator yang menunjukkan persentase tertinggi dan persentase terendah dalam antusias belajar fisika peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Sumedang Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 orang peserta didik. Data diperoleh melalui angket yang berisi 30 pertanyaan, kemudian persentase skor dihitung berdasarkan kategori pertanyaan untuk setiap indikator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil antusias belajar fisika peserta didik di MAN 2 Sumedang termasuk ke dalam kategori tinggi dengan persentase 78%. Artinya terdapat keantusiasan dari peserta didik untuk belajar fisika. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai studi awal bagi peneliti selanjutnya dengan berbagai aspek lainnya.