TY - JOUR TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN PIJAT REFLEKSI SPA DAN MANAJEMEN UKM SALON KECANTIKAN PADA KELOMPOK SADAR WISATA IKAN SAKTI SUNGAI JANIAH KANAGARIAN TABEK PANJANG KECAMATAN BASO KABUPATEN AGAM AU - Tyas Asih Surya Mentari; Rahmiati Rahmiati; Prima Minerva IS - Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Tata Rias dan Kecantikan PB - Universitas Negeri Padang JO - Jurnal Tata Rias dan Kecantikan PY - 2022 SP - 22 EP - 31 UR - http://jitrk.ppj.unp.ac.id/index.php/jitrk/article/view/23/18 AB - Kelompok Sadar Wisata Ikan Sakti Sungai Janiah (Pokdarwis) yang merupakan kelompok yang melakukan pengembangan objek wisata Ikan Sakti dan Ekonomi di Jorong Sungai Janiah mengalami masalah dalam pengelolaan objek wisata. Masalah tersebut seperti: masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap sadar wisata, masih kurangnya kemampuan SDM dalam mengelola objek wisata, dan banyaknya potensi yang dimiliki daerah Sungai Janiah yang belum dikembangkan secara maksima. Masalah yang dialami mitra tentu akan menghambat proses perkembangan perekonomian di daerah mitra tersebut dan perekonomian Nagari Tabek Panjang pada umumnya. Solusi yang akan diberikan untuk mengatasi permasalahan mitra dengan memberikan pelatihan pijat refleksi SPA dan manajemen dalam menjalan UKM Salon Kecantikan pada kelompok sadar wisata Ikan Sakti Sungai Janiah sesuai dengan keahlian tim pengabdian dibidang Tata Rias dan Kecantikan. Materi-materi yang akan diberikan saat pelatihan sebagai solusi permasalahan yang dihadapi mitra sebagai berikut: a)Pelatihan pemilihan alat, bahan dan kosmetika untuk pijat refleksi SPA, b) Menentukantitik-titik pijat refleksi SPA, c) Teknikdan proses kerja pijat refleksi d) Menerapkan manajemen UKM usaha jasa salon. Pelaksanaan pengabdian bagi masyarakat digunakan metode yang bervariasi yaitu:a) Metode ceramah dan tanya jawab  praktek pijat refleksi dan manajemen UKM jasa salon, 2) Metode demonstrasi dan praktek ( a) pemilihan alat, bahan dan kosmetika untuk pijat refleksi SPA, b) Menentukantitik-titik pijat refleksi SPA, c) Teknikdan proses kerja pijat refleksi d) Menerapkan manajemen UKM usaha jasa salon), c) Bimbingan