TY - JOUR TI - STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU CV. MACARINDO BERKAH GRUP KABUPATEN JEMBER AU - Lu'luil Hidayah; Joko Widodo; Mukhamad Zulianto IS - Vol 16 No 1 (2022): APRIL 2022 PB - Economic Education, University of Jember JO - JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial PY - 2022 SP - 138 EP - 143 UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/25814/11039 AB - Tujuan dari penelian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan Strategi Komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan oleh CV. Macarindo Berkah Grub Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitaif deskriptif dengan metode studi kasus. Metode penentuan lokasi memakai purposive area, dan subjek penelitian yaitu CEO CV. Macarindo Berkah Grup sebagai informan utama dan beberapa konsumen sebagai informan tambahan. Pengumpulan data menggunakan metode interview, pengamatan, serta dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik kajian reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam analisis data. Uji keabsahan data memanfaatkan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa CV. Macarindo Berkah Grup Kabupaten Jember Menggunkan Strategi Komunikasi pemasaran Terpadu dengan menggabungkan kelima elemen yaitu: periklanan, penjualan persoanal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan lansung.