TY - JOUR TI - Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Levidio Presentation Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas V SD AU - Made Bagiada; I Nyoman Laba Jayanta IS - Vol. 10 No. 1 (2022): Juni PB - Universitas Pendidikan Ganesha JO - Jurnal Edutech Undiksha PY - 2022 SP - 61 EP - 68 UR - https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/47637/22650 AB - Aktivitas pembelajaran yang diciptakan oleh guru kurang efektif dan belum memberikan ruang kepada siswa dalam menumbuhkan literasi sains dan kemampuan metakognitif siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif.  Jenis penelitian yaitu pengembangan dengan model 4-D. Subjek uji coba yaitu 4 orang ahli aktivitas pembelajaran. Subjek uji coba berjumlah 22 orang. Metode mengumpulkan data yaitu studi dokumentasi, wawancara, rating scale, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu rata-rata skor validasi isi aktivitas pembelajaran secara keseluruhan adalah 4,42, sehingga keseluruhan valid dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengujian hipotesis yaitu terdapat perbedaan secara simultan literasi sains dan kemampuan metakognitif siswa yang mengikuti aktivitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Pembelajaran berbantuan media pembelajaran levidio presentation berdampak positif terhadap literasi sains dan kemampuan kognitif siswa. Â