TY - JOUR TI - Pengembangan Evaluasi UASBN Bahasa Arab Dengan Media Wondershare Quiz Creator AU - Nurul Fakhrin; Rifana Wahdi; Sri Wahyuni IS - Vol 5, No 1 (2022): Vol. 5, No. 1 Juni 2022 PB - Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat JO - Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat PY - 2022 UR - https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/ummatanwasathan/article/view/3310/2564 AB - Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX C MTsN 9 Bantul. Dalam Pelaksanaan Evaluasi / ujian UASBN di MTsN 9 Bantul tidak mencakup empat kemahiran yang harus diuji dalam bahasa Arab dan menurut siswa soal ujian yang diberikan tidak menarik dan membosankan sehingga siswa seringkali tidak serius dalam mengerjakan soal ujian. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan spesifikasi media evaluasi wondershare quiz creator dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) bahasa Arab di kelas IX C MTsN 9 Bantul, mengembangkan UASBN bahasa Arab dengan menggunakan media wondershare quiz creator di kelas IX C MTsN 9 Bantul dan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan UASBN bahasa Arab dengan menggunakan media wondershare quiz creator di kelas IX C MTsN 9 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R & D yang mengacu pada model yang dikenalkan oleh Borg and Gall. Tehnik pengumpulan data melalui : 1) Observasi 2) tes 3) Angket. Teknik analisis data menggunakan analisis isi pembelajaran dan analisis deskriptif. Penelitian ini terbukti telah efektif, menarik dan valid dalam pengembangannya yang didasarkan pada hasil yang di dapat dari ahli materi 87,5% dan ahli media 92,36%, serta tanggapan siswa kelas IX C 82,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan evaluasi UASBN Bahasa Arab dengan menggunakan media ini telah menyediakan aplikasi berupa media evaluasi yang disajikan di komputer. Media ini telah memenuhi unsur media yang baik dan benar. Hasil pengembangan ini telah mampu menjadikan media Wondershare Quiz Creator sebagai media untuk pelaksanaan evaluasi UASBN.