TY - JOUR TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN STEAM BERBASIS LECTORA DI KELAS III SD AU - Riri Zulvira; Desyandri IS - Vol. 8 No. 4 (2022) PB - Universitas Majalengka JO - Jurnal Cakrawala Pendas PY - 2022 SP - 1273 EP - 1286 UR - https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/3133/2086 AB - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Revolusi Industri 4.0, dimana dalam menyongsong tuntutan pembelajaran abad-21 era digital, masih terdapat kekurangan bahan ajar yang dapat memenuhi tuntutan zaman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan pendekatan STEAM berbasis lectora di kelas III SD yang valid dan praktis menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 5 orang ahli, 4 orang guru kelas III dan 76 orang peserta didik kelas III SD Gugus IV Kecamatan Padang Selatan. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli, angket praktikalitas guru dan peserta didik. Diperoleh hasil penelitian yaitu: bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan pendekatan STEAM berbasis lectora di kelas III SD dinyatakan sangat valid dengan perolehan hasil validator materi 93,91 %, validator ahli media/grafik memperoleh nilai 92 % dan validator ahli bahasa diperoleh nilai 92 %. Pada angket praktikalitas skor respon guru sebesar 92,69 % dan skor angket praktikalitas peserta didik 92,41 % dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan pendekatan STEAM berbasis lectora sangat valid dan sangat praktis dalam pembelajaran tematik di beberapa sekolah dasar Gugus IV Kecamatan Padang Selatan.