TY - JOUR TI - Upaya Peningkatan Sikap Kerja Keras Dan Prestasi Belajar Materi Matematika Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Van Hiele Di Kelas V SD Muhammadiyah Purwokerto AU - Muryaningsih, Sri; Anggoro, Subuh IS - 2014: Proceeding Seminar Hasil Penelitian LPPM 2014, 6 September 2014 PB - Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014 JO - Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014 PY - 2014 UR - http://seminarlppm.ump.ac.id/index.php/semlppm/article/view/76 AB - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  tanggung jawab dan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan di kelas V SD Muhammadiyah Purwokerto Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Dengan jumlah siswa 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap pertemuan ke 2 di masing-masing siklus peneliti mengadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan sikap kerja keras yang terjadi pada siswa dari 59% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Dan terjadi meningkatan prestasi belajar matematika yang ditunjukkan dimana 85% dari jumlah siswa telah memenuhi KKM yang telah ditentukan yaitu 61. Kata kunci: Kerja Keras, Prestasi, Van Hiele