TY - JOUR TI - DIAGNOSA KESULITAN BELAJAR BERBASIS JENIS PENGETAHUAN PADA MATERI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT AU - Sari, Perdini Adma; -, Suratno; Amali, Nor IS - 2015: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan PB - Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan JO - Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan PY - 2015 UR - http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpak/article/view/6722 AB - Hasil  tes diagnostik sebagai sarana  untuk mengetahui kelemahan belajar siswa dapat digunakan sebagai petunjuk kegiatan belajar  remedial yang terarah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mengungkap sebab-sebab kesulitan belajar akuntansi pada siklus akuntansi dagang pada transaksi penjualan kredit metode pencatatan periodik kasus perolehan laba. Data yang dipakai untuk menganalisis tes diagnostik disajikan dalam  profil kesulitan belajar akuntansi dagang dari berbagai dimensi jenis pengetahuan.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkesulitan pada dimensi fakta: 1) “Menyebutkan nominal laba yang diperoleh” ,pada dimensi konsep: 1) “Syarat Penjualan: 3/10, n/30” dan 2) “Pengelompokkan Akun Nominal dan Riil” , pada dimensi prinsip: 1) “Pengidentifikasian Perolehan Laba/Rugi Perusahaan pada Neraca Lajur “dan 2) “Posting Jurnal Penutup ke Buku Besar”, dan pada dimensi prosedur: 1) “Jurnal Penerimaan Kas” pada kasus bukti transaksi “Bukti Kas Masuk”, 2) “Buku Besar Pembantu Piutang”, 3) Neraca lajur mengenai “Penulisan Identitas Perusahaan pada Neraca Lajur”, “Penyelesaian kolom L/R”, dan “Identifikasi Perolehan Laba/Rugi” dan 3) “Posting Jurnal Penutup ke Buku Besar”. Kata kunci: tes diagnostik, akuntansi dagang, dimensi pengetahuan.