TY - JOUR TI - ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BAGI SISWA SD KELAS VI AU - Suandito, Billy IS - Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional Matematik dan Pendidikan Matematika 2017 PB - Prodi Pendidikan Matematika IAIN Raden Intan Lampung JO - Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika PY - 2017 SP - 197 EP - 207 UR - http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/1046 AB - Pengembangan soal pemecahan masalah tergolong penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah research and development (R and D).Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal yang valid dan praktis bagi dunia pendidikan. Jenis soal yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah soal pemecahan masalah. Penelitian mengikuti penelitian pengembangan Borb, Borg, dan Gall. Ada sepuluh langkah di dalam penelitian ini yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji lapangan, revisi produk akhir, dan diseminasi dan implementasi. Dari sepuluh langkah tersebut dibagi menjadi lima tahap. Di dalam penelitian ini, peneliti hanya sampai pada tahap pertama yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal. Penelitian dan pengumpulan informasi awal diawali dengan analisis kebutuhan dalam bentuk wawancara terhadap guru-guru di tiga belas SD Negeri dan SD Swasta. Berdasarkan hasil wawancara tersebut disimpulkan bahwa penelitian tentang pengembangan soal ini dibutuhkan oleh sekolah untuk melatih kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Penelitian selanjutnya akan dilanjutkan pada tahap berikutnya berupa perencanaan, pengembangan produk awal, dan uji coba awal.