TY - JOUR TI - PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI KARTUN SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 KELING KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA AU - Rahmawati, Anik IS - Vol 3 No 1 PB - Universitas Negeri Semarang JO - Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni PY - 0000 UR - https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduart/article/view/4055/3686 AB - Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana proses, hasil, dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran menggambar ilustrasi di SMP Negeri 1 Keling. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Lokasi yang dipilih adalah SMP Negeri 1 Keling Jepara. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran menggambar ilustrasi berjalan sesuai dengan komponen pembelajaran. Hasil karya siswa kelas VIII E dalam menggambar ilustrasi di SMP Negeri 1 Keling sebagian besar mencapai nilai sangat tinggi, baik dari aspek kesesuaian tema, ide/gagasan, kebersihan karya, teknik pewarnaan, dan hasil karya. Guru mempertimbangkan metode pembelajaran yang digunakan dan lebih berhati-hati dalam memilih metode pembelajaran untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar demi keberhasilan proses pembelajaran. Guru perlu mempertimbangkan kata-kata yang digunakan untuk menentukan sub materi pembelajaran seni rupa khususnya pembelajaran ekspresi.