TY - JOUR TI - PENGARUH PERMAINAN KARTU KASUGI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA AU - Sutriyanto, Kristyawan; Raksanagara, Ardini Septianingsih; Wijaya, Merry IS - Vol 1, No 4 (2016): Volume 1 Nomor 4 Juni 2016 PB - Universitas Padjadjaran JO - Jurnal Sistem Kesehatan PY - 2016 UR - http://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/12828 AB - Penyuluhan kesehatan dengan metode yang menarik dapat meningkatkan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh permainan kartu Kasugi terhadap peningkatan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan Quasi Experimental dengan Non-Equivalent Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di Kabupaten Bandung Barat. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest-posttest pada kelompok eksperimen yang mendapat permainan kartu Kasugi maupun kelompok kontrol dengan ceramah.  Hasil analisis dengan uji Repeated Anova menunjukkan terdapat perbedaan bermakna nilai pretest dan posttest pengetahuan setelah siswa mendapat 1 kali permainan kartu Kasugi (p=0,021) dengan kenaikan sebesar 0,62, setelah 2 kali permainan kartu Kasugi (p=0,001) dengan kenaikan 22,24, dan setelah 3 kali permainan kartu Kasugi (p=0,001) dengan kenaikan 32,40. Tidak terdapat perbedaan bermakna peningkatan pengetahuan antara siswa yang mendapat 3 kali permainan kartu Kasugi dengan siswa yang mendapat 3 kali ceramah (p=0,831). Penyuluhan kesehatan melalui permainan kartu Kasugi sebanyak 1 kali atau lebih berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa. Penyuluhan kesehatan melalui permainan kartu Kasugi sebanyak 3 kali berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat yang sama dengan siswa yang mendapatkan 3 kali penyuluhan kesehatan melalui metode ceramah.Kata Kunci: Kartu Kasugi, Pengetahuan, Permainan, PHBS