TY - JOUR TI - PERILAKU METAKOGNISI BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN DALAM PEMECAHAN MASALAH POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS X SMA AU - Nurmaningsih, Nurmaningsih IS - Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains PB - IKIP PGRI Pontianak JO - Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains PY - 2013 SP - 148 EP - 156 UR - https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/225/224 AB - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perilaku metakognisi siswa kelas X SMA yang berada pada tingkat kemampuan atas, menengah, dan bawah dalam pemecahan masalah pola bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang bersifat survey-deskriptif dengan siswa kelas XB SMA Negeri 2 Pontianak sebagai partisipannya yang dibagi ke dalam tiga kelompok tingkat kemampuan yaitu atas, menengah dan bawah. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) pada tingkat kemampuan atas, perilaku metakognisi siswa dalam pemecahan masalah pola bilangan termasuk kriteria aktivitas cukup (57,14%) (2) pada tingkat kemampuan menengah, perilaku metakognisi siswa dalam pemecahan masalah pola bilangan termasuk kriteria aktivitas cukup (64,28%) dan (3) pada tingkat kemampuan bawah, perilaku metakognisi siswa dalam pemecahan masalah pola bilangan termasuk kriteria aktivitas tinggi (78,60%).Kata Kunci: perilaku metakognisi, pemecahan masalah