TY - JOUR TI - Motif Remaja dalam Menggunakan Media Baru (Studi Pada Remaja di Daerah Sub-Urban Kota Bandung) AU - Pramiyanti, Alila; Putri, Idola Perdini; Nureni, Reni IS - Volume VI, No. 2, September 2014 PB - Universitas Muhammadiyah Surakarta JO - Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi PY - 2014 SP - 95 EP - 103 UR - http://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/2783 AB - Teknologi internet telah memunculkan media baru dengan interaktivitas dan koneksivitasyang sangat tinggi. Remaja usia 15-18 merupakan golongan digital native yang gemar menggunakanmedia baru. Penelitian yang mengunakan metode survei dengan analisis deskriptif kuantitatif ini,membahas perilaku dan motif penggunaan media baru oleh remaja sub-urban di Kota bandung.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemetaan perilaku dan motif penggunaan mediabaru. Teknik sampling yag digunakan adalah teknik aksidental. Sementara itu jumlah sampelpada penelitian ini adalah 300 siswa SMA yang berasal dari empat SMA di Kabupaten Bandungyang merupakan daerah sub-urban Kota Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwapenggunaan remaja sub-urban media baru berada dalam kategori heavy user. Sedangkan motif yangpaling menonjol adalah motif kognitif, dimana para remaja menjadikan media baru sebagai beragamsumber informasi.