TY - JOUR TI - Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Luas Permukaan dan Volume Kubus AU - Farida, Novita; Astuti, Reni Septi; Wijayanti, Palupi Sri IS - Vol 4 No 2 (2018): APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika PB - Penerbit STKIP PGRI Bangkalan JO - APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika PY - 2018 SP - 40 EP - 43 UR - http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/487 AB - Tujuan penelitian ini adalah untuk memperloh deskripsi pengaruh model penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa materi luas permukaan dan volume kubus. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang mengacu pada desain Intac-Group Comparison. Populasi  dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 11 Yogyakarta yaitu kelas VIII terdiri dari empat kelas. Dalam penentuan pemilihan sampel ini, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen (kelas yang diberikan perlakuan) sedangkan kelas VIII D sebagai kelas kontrol (kelas yang tidak diberikan perlakuan). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperloh deskripsi pengaruh model penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa materi luas permukaan dan volume kubus. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dan rancangan yang digunakan oleh peneliti mengacu pada desain penelian Kemmis dan Mc. Taggart. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta maka pembelajaran yang menggunakan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume balok, yaitu: (1) mengorientasikan siswa pada masalah, (2) mengorganisasikan siswa dalam belajar, (3) mem-bimbing penyelidikan individual maupun kelompok, (4) mempresentasikan hasil kegiatan dan (5) mengevaluasi keberhasilan belajar siswa.