TY - JOUR TI - Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Schooling) AU - Winarno Winarno; Johan Setiawan IS - Vol 4 No 1 (2013): UltimaInfoSys :Jurnal Ilmu Sistem Informasi PB - Universitas Multimedia Nusantara JO - ULTIMA InfoSys PY - 2013 SP - 45 EP - 51 UR - https://ejournals.umn.ac.id/index.php/SI/article/view/241/213 AB - Pemerintah Republik Indonesia telah secara resmi memberikan ijin bagi diselenggarakannya pendidikan sekolah rumah atau homeschooling bagi masyarakat Indonesia yang menginginkannya. Dan legalitas kegiatan pendidikan ini ada di bawah payung Derektorat Jendral Non-Formal dan Informal. Penyelenggara pendidikan sekolah rumah adalah keluarga-keluarga yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu sisi kelebihan dari sekolah rumah adalah pada fleksibilitas waktu belajar, dimana guru (yang adalah orangtua siswa) dan siswa dapat mengambil waktu belajar sesuai dengan situasi mereka, dan proses belajar-mengajarnya dapat dilakukan berulang-ulang sesuai kebutuhan siswa, sampai siswa dapat menguasai materi yang dipelajarinya. Tujuan dari studi ini adalah menerapkan sistem e-learning pada komunitas sekolah rumah di daerah Tangerang. Dengan adanya teknologi e-learning maka para penyelenggara sekolah rumah dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mendukung proses belajar-mengajar dan berbagi sumberdaya pembelajaran. Dengan demikian e-learning akan dapat meningkatkan mutu, efisiensi serta efektivitas pembelajaran para penyelenggara dan peserta sekolah rumah. Untuk menerapkan sistem e-learning yang efektif, perlu dilakukan metode pengembangan sistem, yaitu mulai dari analisis karakteristik penyelenggara dan peserta sekolah rumah beserta kebutuhannya, desain sistem, implementasi sistem, serta evaluasi dari penerapan sistem e-learning tersebut. Sistem e-learning tersebut pada saat ini telah berhasil diterapkan dengan nama domain sekolahrumah.org. Kata kunci—sistem e-learning, sekolah rumah, home schooling, moodle